Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

4 Cara Agar Menjadi Kaya dengan Mudah


Menjadi orang kaya yang uangnya seakan tidak pernah habis memang tidak mudah. Dalam pikiran banyak orang, untuk menjadi kaya kamu harus bekerja siang-malam, membanting tulang lebih keras dari hari ke hari, hingga mencoba berbagai peluang seperti investasi. Tapi, alih-alih menjadi kaya, sering sekali orang malah terjebak dalam penderitaan. Salah langkah membuat mereka terlilit hutang. Atau malah menyerah dan memilih untuk menjalankan hidup seperti orang kebanyakan.

Ternyata, cara untuk mendapatkan kekayaan itu selama ini salah. Banyak orang yang tidak tahu bagaimana menjadi kaya. Tapi, kali ini kamu tidak usah khawatir. Brian Wu menulis untuk Lifehack tentang beberapa cara untuk menjadi kaya dengan mudah berdasarkan pengalaman para miliarder yang sudah dia pelajari. Langsung saja simak bahasan selengkapnya di bawah ini.

Membuat rencana pengeluaran dan catatan keuangan.

Untuk memulainya, kamu harus membuat sebuah perencanaan keuangan. Berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk ongkos, makan, dan kebutuhan rumah tangga lain? Berapa banyak yang bisa kamu tabung? Tentukan juga jumlah uang untuk disimpan sebagai uang jaga-jaga. Tapi, rencana ini hanya akan bekerja jika kamu benar-benar melakukannya secara konsisten. Banyak orang yang hanya bertahan satu minggu dan kemudian kembali tidak mengatur keuangannya.

Buatlah sumber aliran uang lebih dari satu.

Orang kaya yang sudah sukses terlebih dahulu ternyata memiliki banyak sumber aliran uang. Mereka bekerja di kantor dan dapat gaji. Sabtu-Minggu menjalankan bisnisnya dengan berdagang. Pada malam hari, dia menjadi penulis lepas sebuah blog. Ini hanya salah satu contoh yang bisa kamu jalani. Kamu bisa memilih pekerjaan dan sumber pendapatan lainnya yang sesuai dengan kemampuan dan minatmu. Yang penting jangan sampai sumber penghasilan hanya ada satu.

Menabung, menabung, dan menabung lebih banyak lagi.

Ini satu-satunya cara yang tidak bisa ditawar. Kalau kamu punya banyak uang dan sumber pendapatan yang banyak, tapi tidak menabung, ya sama saja bohong. Coba perhatikan! Orang yang kaya pandai menabung. Mereka bahkan meningkatkan jumlah uang yang ditabung setiap tahunnya.

Gaya hidup harus lebih rendah dari pendapatan.

Menabung tidak akan bisa kamu lakukan kalau gaya hidupmu lebih tinggi dari penghasilan perbulan. Bob Sadino pernah bilang yang intinya, kalau kamu miskin, jangan berlagak jadi orang kaya. Sekali pun orang-orang yang kaya punya banyak uang, mereka semua pandai berhemat. Cobalah tiru kebiasaan mereka, maka kamu akan berhasil mengumpulkan uang yang banyak.
Nah, kalau keempat cara di atas kamu lakukan dengan konsisten, kamu akan memiliki uang yang berlimpah. Tapi tentu saja kamu juga harus berinvestasi. Agar keamanan finansialmu di masa depan terjaga. Selain itu, kamu juga harus memiliki minimal satu ‘guru’ yang selalu membantumu agar tidak salah langkah.

Tidak ada komentar: