Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Terowongan yang Dilintasi Kereta Api dan Kendaraan Bergantian


Struktur seperti rumah sederhana di kaki gunung ini mungkin tampak seperti kediaman pribadi atau mungkin garasi, tapi sebenarnya adalah pintu masuk ke terowongan jalan raya terpanjang kedua dan terowongan terpanjang gabungan kereta api dan jalan raya pertama di Amerika Utara.

Terletak lima puluh km sebelah tenggara dari Anchorage, dekat Portage Glacier, di negara bagian Alaska, Anton Anderson Memorial Tunnel, juga disebut sebagai Terowongan Whittier, menghubungkan kota pelabuhan Whittier di Prince William Sound ke Seward Highway. Terowongan sepanjang 4,1 kilometer ini sepenuhnya berada di bawah Maynard Mountain.

Sebuah kendaraan memasuki Anton Anderson Memorial Tunnel, terowongan gabungan rel-jalan raya terpanjang di Amerika Utara.

Dibangun selama Perang Dunia kedua, dengan biaya sebesar $ 80 juta, dan merupakan terowongan pertama di Amerika Serikat yang memungkinkan mobil untuk berjalan tepat di atas area rel kereta api – desain yang menghemat puluhan juta dolar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan jika terowongan itu lebih lebar agar jalan raya terpisah dari rel. Terowongan ini dinamai Anton Anderson, seorang insinyur untuk tentara Amerika Serikat yang memainkan peran utama dalam pembangunan terowongan.

Terowongan Whittier lebarnya hanya 16 kaki dan memiliki satu jalur bersama rel dan mobil. Lalu lintas rel dan jalan dikoordinasikan oleh dua sistem berbasis komputer yang canggih yang mengontrol waktu kendaraan yang masuk terowongan, mengatur jarak mereka untuk keselamatan, dan menurunkan palng pintu kereta api saat kereta mendekat. Kendaraan mobil yang menuju ke Whittier diperbolehkan masuk setiap setengah jam sementara mobil yang meninggalkan Whittier bisa masuk terowongan setiap jam, diantara jadwal kereta penumpang yang secara rutin melintasinya.


Interior terowongan adalah batu alami – hanya sebagian dari terowongan yang dilapisi dengan beton dan baja. Mayoritas terowongan memiliki wire mesh yang melekat pada langit-langit untuk menangkap setiap batuan lepas yang bisa terjadi dari waktu ke waktu. Di dalam terowongan ada beberapa “safe-house”, yang merupakan bangunan kecil yang digunakan dalam kasus gempa bumi yang parah, kendaraan kebakaran, atau keadaan darurat lainnya. Terowongan ini juga berisi beberapa tempat perputaran, yang diperuntukkan bagi kendaraan yang mengalami kerusakan.
Udara segar dipompa ke dalam terowongan menggunakan portal kipas konvensional dan kipas-kipas jet reversibel yang terlihat seperti mesin pesawat jet.

Portal pintu masuk terowongan dirancang dalam bentuk A, dengan pintu besar seukuran kereta api sehingga memungkinkan lalu lintas kereta api masuk dan keluar dari terowongan. Sebanyak 450 kendaraan bisa menunggu di luar saat kereta melintasi terowongan.





Tidak ada komentar: