Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

India Berusaha Rebut Berlian Koh-I-Noor yang dicuri Inggris


DELHI - Pemerintah India mengatakan, mereka masih berusaha merebut kembali berlian Koh-i-noor yang tak ternilai harganya dari Inggris. India selama ini percaya berlian tersebut dicuri oleh Inggris.

BBC News melaporkan, pada Rabu (20/4), permata tersebut jatuh ke tangan Inggris pada Abad ke 19. Kini mahkota permata itu dipamerkan di Menara London.

Kepemilikan batu permata terkenal tersebut merupakan hal yang sangat emosional bagi orang India. Mereka percaya permata tersebut telah dicuri oleh Inggris.

Pada Senin (18/4), Nurhadi Kumar yang mewakili Pemerintah India dalam sidang mengatakan berlian 105 karat itu telah 'diberikan' pada perusahaan India Timur oleh mantan penguasa Punjab pada 1849.

Tapi pernyataan dari Kementerian Kebudayaan India pada Selasa (19/4) mengatakan, pemerintah lebih lanjut mengulangi tekadnya untuk membawa kembali berlian Koh-i-noor secara damai.


Cicit pemimpin kemerdekaan Mahatma Gandhi, Tushar Gandhi, pada 2009 pernah mengatakan bahwa berlian harus dikembalikan sebagai 'tebusan' untuk masa lalu kolonial.

Namun Perdana Menteri Inggris berturut-turut menolak melakukannya. Baru-baru ini David Cameron mengatakan pengembalian tak bisa dilakukan.

Tidak ada komentar: