Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Hindari 10 Makanan Ini Sebelum Tidur


Bagi beberapa orang, susah tidur menjadi masalah yang cukup menjengkelkan. Untuk melawan ini, banyak dari mereka memilih untuk makan.
Makan ketika Anda tak bisa tidur, mungkin menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa makanan yang mungkin bisa membantu tidur Anda, namun makanan yang berlemak dan berminyak hanya akan mendatangkan ‘malapetaka’ pada istirahat Anda.
Seperti yang dikutip dari metrotvnews.com, Jika Anda ingin menghindari susah tidur dengan cara makan, sebaiknya hindari makanan-makanan berikut ini.

1. Es krim
Ada yang mengatakan jika makan es krim sebelum tidur memiliki efek menenangkan. Namun, makan makanan tinggi gula sebelum tidur dipercaya menyebabkan mimpi buruk. Alih-alih menenangkan, hasilnya justru bisa mengerikan.

2. Seledri
Seledri adalah diuretik alami, yang akan membuat Anda buang air kecil lebih sedikit. Diuretik menyebabkan tingkat ingin buang air menjadi sedikit karena mereka mendorong air melalui sistem pengeluaran yang lain, seperti keringat.
Artinya, jika Anda makan seledri dalam jumlah banyak sebelum tidur, Anda tak akan terbangun lantaran ingin buang air kecil. Orang-orang banyak mengonsumsi seledri agar tidur tak terganggu.

3. Pasta
Meski memuaskan hasrat makan Anda, ini tentu saja bukan cemilan yang ideal di malam hari. Pasta adalah sumber karbohidrat, namun jika Anda tidur setelah makan, ini akan berubah menjadi lemak. Selain itu, hal-hal yang ditambahkan ke pasta seperti minyak, keju, krim berat atau saus tomat hanya akan menambah risiko penyakit jantung.

4. Pizza
Jika Anda ingin memberikan perut Anda latihan yang baik sebelum tidur, pizza bukan pilihan yang tepat. Lapisan saus tomat memiliki kadar keasaman yang tinggi yang bisa menyebabkan rasa mulas. Ini tentu akan memaksa Anda untuk bangun di malam hari.

5. Candy bar
Permen tentu saja mimpi buruk yang sangat nyata bagi tidur Anda. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa 7 dari 10 orang yang makan junk food seperti permen sebelum tidur lebih mungkin rentan terhadap mimpi buruk. Namun, hipotesisnya adalah bahwa mengonsumsi gula dengan karadar tinggi menciptakan gelombang otak yang mengerikan.

6. Sereal
Sereal mengandung jumlah gula halus yang tinggi dan penuh karbohidrat. Ini tentu akan membuat kadar gula darah Anda meningkat. Ini bukan cara yang pas untuk mendapatkan tidur yang ideal.

7. Bawang putih
Selain mempengaruhi aroma mulut Anda, terkadang bawang putih memiliki efek samping mengganggu lambung. Jika Anda memiliki perut yang lemah dan rentan terhadap refluks asam, hindari bawang putih sebelum tidur.

8. Coklat hitam
Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini. Coklat dipercaya mampu memberikan rasa hangat dan mood yang baik. Namun, mengonsumsi coklat hitam sebelum tidur sebaiknya Anda hindari.
Coklat hitam adalah sumber dari kafein yang dikenal membuat gembira. Namun hampir semua coklat mengandung beberapa tingkat kafein dan distimulan dengan theobromine yang bisa menimbulkan sedikit sakit jantung.

9. Alkohol
Alkohol dapat mengganggu fungsi restoratif tidur, yang menyebabkan untuk tidur dangkal dan terbangun sepanjang malam. Selain itu, orang-orang yang sering mengkonsumsi alkohol untuk tidur akan menyebabkan ketergantungan dan dan menimbulkan siklus frustasi.

10. Daging merah
Daging merah kaya akan protein dan lemak yang akan membuat tubuh Anda bekerja sepanjang malam. Daging merah sebenarnya baik karena memiliki tingkat zat besi dan triptofan yang membantu tidur. Namun jangan konsumsi daging merah sebelum tidur sebab tubuh Anda akan sibuk memecahnya sepanjang malam.

Tidak ada komentar: