Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Bau Tanah Basah Setelah Hujan


Apakah Anda suka aroma tanah basah setelah hujan? Jika demikian, Anda tidak sendirian. Bahkan, beberapa ilmuwan percaya bahwa orang mewarisi kecintaan mereka kepada aroma hujan dari leluhur mereka yang mengandalkan hujan untuk kelangsungan hidup mereka. Tapi apa yang membuat aroma tanah basah setelah hujan?

 Ada beberapa aroma yang terkait dengan curah hujan yang menyenangkan penciuman manusia.
Salah satu aroma tersebut, yang disebut “Petrichor”, aroma yang muncul ketika hujan turun setelah musim kering yang berkepanjangan. Petrichor – istilah ini diciptakan pada tahun 1964 oleh dua ilmuwan Australia mempelajari bau cuaca basah. Petrichor berasal dari kata ‘petros’ Yunani, yang berarti batu dan ‘ichor’, yang berarti cairan yang mengalir di pembuluh darah para dewa. Hal ini didefinisikan sebagai “aroma khas yang menyertai hujan pertama setelah musim kering yang panjang”

Petrichor berasal dari sepasang reaksi kimia:
Beberapa tanaman memproduksi minyak selama periode kering, dan ketika hujan, minyak ini dilepaskan ke udara. Reaksi kedua yang menciptakan Petrichor terjadi ketika bahan kimia yang bernama geosmin diproduksi oleh bakteri Streptomyces yang tinggal ditanah, dilepaskan ke udara. Kedua senyawa aromatik ini bergabung untuk menciptakan Petrichor, aroma menyenangkan ketika hujan menyentuh tanah.

Unta Bactrian dapat mendeteksi air dari jarak 50 mil jauhnya. Hal ini karena aroma dari streptomyces mudah dibawa melintasi padang pasir dan dijemput oleh hidung sensitif unta. Sebagai imbalannya, spora dari bakteri dapat tersebar di sekitar. Aroma bumi apak dari beberapa bunga Kaktus juga turunan dari geosmin. Membuat serangga penyerbuk datang dengan janji air. Hal ini dikenal sebagai mimikri bunga. Sayangnya, ikan yang juga menyerap sejumlah geosmin dari air tidak begitu merasakannya.

Aroma lain yang terkait dengan hujan adalah ozon. Selama badai, petir dapat memisahkan molekul oksigen dan nitrogen di atmosfer, dan mereka pada gilirannya dapat bergabung kembali menjadi oksida nitrat. Zat ini berinteraksi dengan bahan kimia lain di atmosfer untuk membentuk ozon, yang memiliki bau segar yang tajam.

Ketika seseorang mengatakan mereka dapat mencium bau hujan datang, mungkin bahwa angin dari badai telah membuat ozon turun dari awan dan masuk ke lubang hidung orang tersebut.

Tidak ada komentar: