Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

12 Tujuan Wisata yang Paling Mematikan di Dunia


Apakah itu bersantai di pantai, mendaki gunung atau menjelajahi hutan, ada satu hal yang semua orang inginkan dari liburan mereka –
yaitu kembali dengan selamat. Tetapi sementara sebagian besar wisata berlangsung tanpa suatu halangan, ada beberapa tujuan wisata yang dapat membuat liburan anda berakhir dengan bencana. Berikut 12 Tujuan Wisata yang Paling mematikan di Dunia, 

Mont Blanc, Prancis

Dengan puncak setinggi 5.000 meter dan kecepatan angin di puncak mencapai 95 kmph, maka tidak mengherankan bahwa Mont Blanc adalah salah satu tempat yang paling berbahaya bagi para pendaki. Namun semua itu tidak menghentikan para petualang yang datang dari seluruh dunia untuk menaklukkan ketinggiannya. Rata-rata ada lebih dari 20.000 usaha untuk mendaki setiap tahun. Sayangnya banyak yang telah terluka atau kehilangan nyawa mereka di puncak tertinggi di Eropa ini, dengan sekitar 30-70 kematian per tahun, menurut majalah Climbing Mont Blanc. Pada bulan Januari tahun ini enam orang tewas dalam longsoran salju yang terjadi di sisi Italia dari Mont Blanc. Naik ke gunung Mount Blanc sebenarnya cukup mudah karena ada gondola yang membawa wisatawan hingga ketinggian 9.000 kaki, menyebabkan banyak pengunjung untuk melanjutkan menaklukkan puncak gunung tertinggi di Eropa ini.

Grand Canyon, Arizona

Ada lebih dari 4,5 juta pengunjung ke Grand Canyon setiap tahun, yang sayangnya ‘meminta nyawa’ rata-rata 12 orang per tahun, menurut statistik otoritas taman. Penyebab kematian bervariasi, dari kelelahan, panas, dehidrasi, kondisi medis, bunuh diri, hingga tergelincir ke jurang. Tahun lalu seorang ayah dari Texas tewas akibat jatuh, ketika mengunjungi situs dengan keluarganya, menambah jumlah angka total kematian yang tercatat menjadi 685.

Teahupo’o, Tahiti

Masuk dalam daftar Top 10 Gelombang Mematikan dari Transworld Surf, gelombang di Teahupo’o dapat berkisar dari 3 sampai 7 meter. Gelombang disini terkenal memiliki bentuk yang unik, karena terumbu karang dangkal, yang berkisar hingga 20 inci di bawah permukaan air. Ini tentu berbahaya bagi para peselancar. Ada lima kematian yang tercatat dalam surfing Tahiti sejak tahun 2000, menurut The Australian.


Kokoda Track, Papua Nugini

Kokoda Trail atau lagu adalah jalan setapak yang membentang sejauh 96 kilometer (60 kilometer dalam garis lurus) melalui Owen Stanley Range (bagian tenggara dari pusat rantai pegunungan) di Papua Nugini. Jalan ini adalah lokasi pertempuran Perang Dunia II antara pasukan Jepang dan Australia pada tahun 1942.


Panas siang hari dengan malam yang sangat dingin, hujan deras dan risiko penyakit tropis endemik seperti malaria membuat perjalanan yang melalui hutan, sungai dan gunung ini sangat menantang. Menelusuri jalan ini biasanya membutuhkan waktu antara empat hingga dua belas hari; waktu tercepat tercatat 16 jam 34 menit. Kokoda Track telah merenggut nyawa enam trekker Australia, dan 50 orang harus diterbangkan oleh Medivac, menurut SBS World News.

New Smyrna Beach, Florida

Ada 701 serangan hiu di seluruh dunia antara tahun 2004-2014, menurut data dari International Shark Attack. Dari jumlah tersebut, 219 serangan terjadi di Florida, mengalahkan lokasi berbahaya terkenal lainnya seperti Hawaii, Australia dan Afrika Selatan.

New Smyrna Beach adalah pantai yang paling berbahaya untuk ini, dengan serangan per kilometer persegi lebih banyak dibanding pantai-pantai lain di seluruh dunia. Untungnya tidak semua insiden adalah insiden fatal, dan banyak serangan dilakukan oleh hiu banteng muda yang menggigit para wisatawan yang tidak curiga.


Tahun lalu, seorang anak 15 tahun dan seorang pria 29 tahun digigit dalam dua insiden terpisah di New Smyrna Beach, Florida, pada hari yang sama, yang mengakibatkan mereka memiliki 30 jahitan di kakinya.

Half Dome di Taman Nasional Yosemite , California

Hanya penjelajah yang paling pemberani dapat mencoba 120 meter terakhir dari Half Dome Yosemite Valley, yang merupakan sisi tebing yang nyaris vertikal. Pendaki harus menggunakan kabel logam untuk membantu mereka ke atas, dan ada beberapa kematian yang dilaporkan dalam upaya ini. Sekitar 60 orang tewas di Half Dome, dan banyak yang tergelincir di atas batu basah ke dasar berbatu yang berbahaya di bawah tebing, yang dikenal sebagai “Death Slabs”. Pada tahun 2011 tiga pejalan kaki kehilangan nyawa mereka di sini, dua di antaranya ditelan oleh air yang mengalir deras di bagian bawah jurang. Ada juga yang meninggal karena tersambar petir.

Cliffs of Moher, County Clare, Irlandia

Cliffs of Moher adalah tujuan wisata yang sangat populer, dan menarik satu juta pengunjung pada tahun 2006. Tebing menakjubkan setinggi 120 meter yang terdiri dari Namurian shale dan batu pasir ini, merupakan rumah bagi sekitar 30.000 burung, dari lebih dari 20 spesies. Meskipun tebing ini sangat indah, kurangnya pegangan tangan telah terbukti berbahaya bagi pengunjung. Dilaporkan beberapa orang pernah terjatuh dan tewas, termasuk seorang dokter pada tahun 2012. Katherine Webster, direktur Cliffs of Moher Vistor Experience, mengatakan:
“Kami telah memperkenalkan berbagai cara yang aman bagi pengunjung untuk menikmati tebing Moher. Tapi sayangnya kami masih melihat pengunjung mengambil risiko gila dari waktu ke waktu. Bukan saja mereka menempatkan diri mereka dalam risiko, tetapi mereka juga membuat kesempatan orang lain masuk ke dalam bahaya baik melalui peniruan atau ketika menyelamatkan mereka ketika mereka berada dalam masalah”.
Skellig Michael, Irlandia

Skellig Michael adalah sebuah pulau yang terletak di Samudra Atlantik di County Kerry di Irlandia. Pulau ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996, karena biara Kristen kuno di pulau, yang didirikan antara abad ke-6 dan abad ke-8. Sebuah pendakian berbahaya dari 600 anak tangga, yang berusia lebih dari 1000 tahun, mengarah sisi curam pulau berbatu ini, dan sering licin dan sangat berbahaya. Pada tahun 2009, dua kematian menyebabkan penelaahan terhadap kondisi keamanan di pulau, tapi sampai saat ini belum ada pegangan tangan atau pagar di tempat untuk membantu pendakian.

Wisata Helikopter ke Hawaii Volcano

Hawaii memiliki tiga gunung berapi aktif yang luar biasa, dan wisata helikopter mengiming-imingi wisatawan yang ingin melihat mereka beraksi dari dekat. Namun semburan lava telah dikenal dapat mencapai tinggi satu mil kubik, dan beberapa wisatawan telah terhantam saat mereka terbang di atasnya. Tiga puluh orang meninggal karena ini pada tahun 1995, dan 45 luka-luka serius antara 1992-2002 dan pada tahun 2007, tur sepeda di Kilauea, gunung berapi paling aktif di bumi, ditutup setelah kematian tiga orang selama tahun itu.

Sistem Sungai Colorado

Sistem Sungai Colorado adalah sungai 1.450 mil yang meliputi tujuh negara bagian AS, dan dua negara bagian Meksiko. Meskipun menjadi salah satu sistem sungai yang paling menakjubkan secara visual, di Amerika Serikat, kecelakaan dan kematian telah umum terjadi. Pada tahun 2014, 15 kematian terjadi pada tujuh bulan pertama, dan itu diduga disebabkan oleh arus deras dan air yang tinggi. Ini adalah peningkatan dari tahun 2007, di mana 12 korban jiwa terjadi, bersama dengan 275 kecelakaan dan 176 luka-luka. Colorado Parks and Wildlife Departemen menyalahkan tingkat air yang tinggi akibat pencairan salju dari hulu mempengaruhi sistem air. Alkohol dan kurangnya pengalaman menangani arus juga telah dikutip sebagai salah satu penyebab terbesar kematian.

‘Death Road’ La Paz, Bolivia

Terkenal sebagai salah satu jalan paling berbahaya di dunia, Jalan Utara Yungas di Bolivia ini dikenal sebagai Death Road, karena ratusan nyawa hilang setiap tahun. Sepanjang 43 mil jalan, di ketinggian 2.000 ft tidak memiliki pagar, untuk mencegah pengendara sepeda atau sepeda motor jatuh dari tebing tepi curam. Pemandangan yang menakjubkan menarik lebih dari 25.000 pesepeda gunung setiap tahun, dan jalan ditandai salib kayu untuk menandai area dimana kecelakaan terjadi, yang dapat mencapai hingga 300 per tahun.

Jalur Papan di Gunung Hua Shan, Cina

Jalur papan di ketinggian 2154 meteran di Gunung Hua Shan terkenal karena menjadi salah satu jalan setapak yang paling mematikan di dunia. Jalan setapak kecil juga diukir gunung Tao suci, termasuk pendakian vertikal, tangga curam dan jalan setapak sempit, dengan hanya rantai kecil untuk melekatkannya ke tebing batu. Wisatawan berduyun-duyun ke situs yang berbahaya ini untuk mencapai biara-biara di atas, tetapi diperkirakan 100 nyawa hilang setiap tahun.

Tidak ada komentar: