Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Obama, Merkel, Erdogan, Netanyahu Tokoh Paling Pendusta 2015



Berlin  - Sebuah survei internasional menempatkan Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden AS Barrack Obama, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, sebagai Tiga Pendusta 2015.

Adalah Alles Schall und Rauch, platform werb Jerman, yang menggelar survei ini. Situs itu meminta lebih 3.000 pembacanya dari 40 negara untuk menentukan siapa tokoh pembohong tahun ini.

Lebih 39 persen dari mereka menempatkan Merkel sebagai Pendusta No 1 tahun 2015. Obama dan Erdogan berada di urutan kedua dan ketiga, dengan 21 dan 18 persen suara.

PM Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko meraih 8 dan 7,8 persen suara, untuk berada di belakang Erdogan.

Jika ada pendusta, tentu ada si jujur. Presiden Iran Hassan Rouhani dan Presiden Suriah Bashar al-Assad masuk kategori jujur, dengan perolehan 0,03 dan 0,10 suara.

Lainnya adalah Presiden Prancis Francois Hollande, PM Yunani Alexis Tsipras, dan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang layak disebut pembuat kebijakan jujur.

Hasil survei ini dirilis sepekan setelah majalah Times yang berbasis di New York menyebut Angela Merkel sebagai Person of the Year, karena mendorong negara-negara Eropa membuka perbatasan untuk pengungsi Suriah.

Merkel juga dipuji berkat tekadnya memimpin Eropa mengatasi krisis utang Yunani.

Tidak ada komentar: