Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Fenomena Aneh 'Salju' Mematikan di India

Jika dilihat sekilas foto-foto dibawah ini seperti foto-foto salju atau hujan salju. Tapi ini bukan itu, karena foto-foto ini diambil di selatan kota tropis, Banglore, India yang tak pernah mengalami salju.

[​IMG]

Sayangnya, yang terjadi sebenarnya jauh lebih buruk: apa yang tampak seperti salju sebenarnya busa putih berbahaya yang mengapung dan bertambah tinggi di danau terbesar di kota dan tumpah ke daerah sekitarnya.
Selama bertahun-tahun, Danau Bellandur seluas 3600 hektar, yang adalah danau di ibukota teknologinya India atau silicon valley nya India, Banglore, telah tercemar oleh bahan kimia dan limbah. Sayangnya, belum ada satupun teknologi yang menciptakan agar danau tersebut bebas dari pencemaran.
Seorang ahli IT bernama Debasish Ghosh telah mengambil gambar-gambar dari danau "busa putih yang berbahaya" selama sebulan. Berikut ini adalah pilihan dari gambar-gambarnya.


[​IMG]

Polutan di sungai yang mengairi danau membentuk busa putih beracun yang menutupi air dan naik begitu tinggi hingga tumpah ke daerah sekitarnya.


[​IMG]

Situasi semakin memburuk saat hujan. Ketika angin bertiup, busa beterbangan di udara.


[​IMG]

Penduduk setempat mengatakan pemerintah tidak berbuat cukup untuk membersihkan danau. Mereka telah mengajukan petisi di pengadilan, mendesak tindakan - keluhan awal bertanggal kembali ke tahun 2000 - tapi tidak banyak yang terjadi.


[​IMG]

Ghosh mengatakan busa memancarkan "bau yang tak tertahankan", dan penduduk lokal harus hidup dengan itu


[​IMG]
Sebuah kemacetan lalu lintas di jalan yang tertutup busa dekat danau

[​IMG]

Pada bulan Mei, danau terbakar pada dua hari yang terpisah. Api, kata para ilmuwan, disebabkan oleh limbah industri di dalam air, termasuk deterjen, minyak dan lemak.


[​IMG]

Busa biasanya menyelimuti jalan utama yang menghubungkan bandara ke kota perbatasan, Hosur.

Tidak ada komentar: