Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Calon Walikota Jerman Ditikam di Leher



Seorang kandidat utama Walikota Cologne, Jerman, ditikam di bagian leher oleh seorang pria yang mengaku kecewa atas kebijakan soal pengungsi di negara itu.

Henriette Reker, calon walikota independen yang didukung oleh partai CDU Kanselir Jerman Angela Merkel, terluka parah bersama seorang pembantunya. Sedangkan tiga orang lainnya menderita luka ringan akibat serangan penikaman tersebut, seperti dikutip dari laman BBC, Minggu (18/10/2015).

Pihak penyidik kepolisian setempat mengatakan, saat ini kondisi Rejer telah stabil. Pihak kepolisian juga telah menahan seorang pria berusia 44 tahun yang merupakan warga Cologne. Pelaku menikam Reker karena motif anti-asing.

Tersangka adalah pelaku tungal dan tidak memiliki catatan kepolisian. Pelaku akan menjalani pemeriksaan kejiwaan untuk menentukan apakah motif anti-asing adalah motif utama atau ia memang memiliki masalah kesehatan mental.

Seorang juru bicara Merkel mengatakan, Kanselir mengaku terkejut dan mengutuk aksi penyerangan tersebut. Sedangkan Menteri Dalam Negeri Jerman menyebut serangan tersebut sangat mengerikan dan tindakan pengecut.

Kanselir Jerman Angela Merkel tengah mendapat kecaman karena kebijakannya terhadap para pengungsi dan imigran yang diizinkan masuk ke negara itu.

Jerman mengatakan mereka berharap bisa menampung 800.000 orang pencari suaka tahun ini, namun sebuah laporan yang bocor ke publik menyarankan pemerintah Jerman menampung hingga 1,5 juta pengungsi.

BBC | SND

Tidak ada komentar: