Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

7 Bahan dapur ini mujarab redakan nyeri infeksi gigi, wajib kamu coba!


[​IMG]

Karena seringkali bahan-bahan tradisional aja jauh lebih ampuh daripada obat-obatan kimia mahal yang diberikan oleh dokter. Setuju?

Sakit gigi itu memang 'nonjok' diri banget, ya? Soalnya berimbas kamu jadi males makan dan ngomong, bahkan mood jadi kacau balau. Bener nggak, sih? Rasa nyeri akibat sakit gigi itu biasanya terjadi karena infeksi pada gigi.
Nah, apa yang harus lakukan sebagai pertolongan pertama mengatasi infeksi gigi? Berikut bahan-bahan dapur atau rumahan untuk meringankan nyeri sakit gigi yang dapat kamu praktikkan langsung di rumah. Cekidot!

1. Daun mint

[​IMG]

Daun mint dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan infeksi gigi. Daun mint disebut-sebut memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bisa mengobati infeksi dan peradangan. Selebihnya, daun mint mencegah pertumbuhan bakteri di mulut kamu. 
Caranya adalah oleskan minyak daun mint di daerah gigi yang sakit selama beberapa menit. Kalau kamu nggak punya minyak daun mint, kamu bisa mengekstrak daun mint menjadi jus, lalu terapkan pada gigi yang terinfeksi.

2. Cuka apel

[​IMG]

Cuka apel efektif mengobati infeksi gigi dan masalah gigi lainnya. Cuka apel dipercaya bersifat desinfektan dan anti-inflamasi. Cara yang perlu kamu lakukan adalah berkumur pelan dengan cuka apel selama 10 menit, tapi jangan menelannya, muntahkan saja. Kemudian berkumurlah dengan air hangat. 
Lakukan beberapa kali sehari untuk hasil memuaskan. Atau kamu juga bisa mencampur satu sendok teh cuka apel ke dalam segelas air hangat. Minum larutan ini sebanyak dua kali sehari. Ulangi tindakan ini selama beberapa minggu sampai rasa sakit di gigi benar-benar hilang.

3. Cengkeh

[​IMG]

Cengkeh dipercaya untuk mengatasi infeksi gigi karena bersifat anti-bakteri, anti-septik, dan analgesik yang mampu mengurangi rasa sakit, peradangan, dan nyeri.

4. Bawang putih

[​IMG]

Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi bawang putih dapat membantu menyembuhkan infeksi gigi, lho.

5. Teh hitam celup

[​IMG]

Kantong teh hitam dapat meringankan peradangan dan rasa nyeri sakit gigi karena mengandung tanin dan antioksidan. Selain untuk mengatasi infeksi gigi, kantong teh hitam dapat menjaga kesehatan mulut dengan baik. Caranya adalah mencelupkan kantong teh hitam ke dalam air hangat selama minimal lima menit. 
Setelah itu buang airnya dan peras teh hitam celup tersebut kemudian letakkan di gigi yang infeksi. Biarkan selama beberapa jam atau semalam. Setelah itu bilas mulut dengan air hangat. Ulangi proses tersebut beberapa kali sampai rasa sakit benar-benar menghilang.

6. Kunyit

[​IMG]

Kunyit bersifat anti-septik, anti-inflamasi, antibiotik, sehingga bisa menjadi salah satu obat untuk infeksi gigi. Kunyit juga akan menjaga kesehatan mulutmu. Untuk melakukan perawatan ini, kamu harus mencampur satu sendok teh bubuk kunti dengan air secukupnya untuk dibentuk jadi pasta. Setelah itu, oleskan pada gigi yang sakit. Biarkan selama beberapa saat sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan sebanyak beberapa kali sehati untuk hasil maksimal. 
Cara kedua, kamu bisa mencampur satu sendok teh minyak zaitun dengan seperempat sendok teh bubuk kunyit untuk membuatnya jadi pasta. Oleskan pasta di gigi terinfeksi. Biarkan selama 15 menit lalu kumur dengan air hangat. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari dan besoknya lagi sampai nyeri hilang.

7. Hidrogen peroksida

[​IMG]

Hidrogen peroksida efektif mengobati infeksi dan masalah gigi lainnya karena bersifat antibakteri dan desinfektan. Dia akan membantu mengurangi rasa sakit, peradangan, dan membunuh semua bakteri yang menyebabkan infeksi gigi. Selain itu, hidrogen peroksida bisa menghapus gigi kuning. Kamu disarankan menggunakan 3% hidrogen peroksida sebagai cara yang efektif mengobati infeksi gigi.
Cara yang bisa kamu lakukan adalah mencampur dua sendok teh hidrogen peroksida dengan satu sendok makan air hangat. Berkumurlah dengan campuran ini lalu ludahkan, jangan menelannya. Lakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu. Cara kedua, buatlah pasta dengan mencampur satu sendok teh baking soda dengan hidrogen peroksida secukupnya. Lantas oleskan di gigi yang sakit kemudian berkumurlah (jangan menelannya). Lakukan berulang kali dalam beberapa minggu untuk hasil optimal.
Nah, selain menggunakan bahan-bahan dapur di atas, kamu juga harus menjaga pola makan dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, terlalu banyak makan permen karet, atau minum minuman berkafein. Jangan lupa gosok gigi tiga kali sehari.
Selebihnya, kalau sakit gigi bertambah parah banget, lebih baik kamu periksa ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut. Selalu jaga kesehatan gigi ya guys!

Tidak ada komentar: