Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

10 CARA JITU UNTUK MEREDAKAN MASUK ANGIN

Saat di suhu yang dingin tak sedikit orang yang akan mengalami suatu penyakit yang di sebut masuk angin. Masuk angin memang penyakit yang mudah untuk di atasi, akan tetapi bila tidak cepat di tangani dengan seruis dan benar maka akan menyebabkan penyakit serius lainnya. Sebenarnya banyak cara mudah yang bisa untuk mencegah ataupun mengatasi masuk angin tersebut.



1. Berkumur – kumur
Apabila anda sedang masuk angin cobalah untuk berkumur kumur. Berkumurlah dengan menggunakan air hangat yang di campur garam dan baking soda. Asal di ketahui masuk angin juga bisa di sebabkan oleh bakteri. Dan dengan berkumur ini anda dapat membunuh bakteri yang bisa menyebabkan masuk angin yang ada di mulut anda.

2. Teh lemon dan madu
Campurlah teh lemon dan madu dan minumlah jika anda mulai merasakan tanda – tanda masuk angin. Campuran ini memang obat dengan rasa yang enak karena manis madu bercampur dengan asam teh lemon. Vitamin C yang terdapat pada lemon dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan khasiat madu yang sangat berlimpah di jamin akan mampu mengatasi masuk angin yang di alami.

3. Rebusan air pepaya
Rebuslah 4 atau 5 lembar pepaya didalam 1 liter air dan biarkan hingga air hingga tinggal setengah dan minumlah rebusan tersebut. Memang untuk obat yang ini rasanya pahit akan tetapi rebusan ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi masuk angin.

4. Bawang putih
Bawang putih memang dapat di gunakan sebagai obat masuk angin karena bawang putih merupakan antibiotik alami yang dapat menghambat pertumbuhan virus dan bakteri. Usahakan memakan bawang putih mentah dan mengunyahnya, karena bila di konsumsi mentah manfaat dari bawang putih akan lebih maksimal.

5. Jahe
Dengan sifat jahe yang hangat jelas dapat membantu mengobati masuk angin. Rebusan jahe dapat memberi efek hangat secara langsung terhadap tubuh. Maka dari itu jahe sangat di anjurkan di minum saat masuk angin.


6. Hindari mengonsumsi es berlebihan
Mengonsumsi es secara berlebih memang dapat menyebabkan masuk angin. Selain itu juga dapat membawa bakteri lain yang dapat menyebabkan penyakit. Apalagi bila mengonsumsi es yang tidak higienis itu akan memperbesar peluang terjadinya masuk angin.

7. Kerokan
Kerokan memang merupakan cara tradisional yang sangat ampuh untuk mengatasi masuk angin. Dengan kerokan maka tubuh akan menghasilkan zat Thiamin yang dapat mengurangi rasa sakit. Selain itu saat di kerok tubuh akan terasa panas dan hal itu dapat menyembuhkan masuk angin.

8. Sup
Sup juga dapat di gunakan untuk mengobati masuk angin. Karena sup bisanya di hidangkan secara hangat . dan orang sakit akan mudah untuk mengonsumsinya. Jadi sup sangat di sarankan untuk orang yang sedang mengalami masuk angin.

9. Vitamin C
Perbanyak mengonsumsi makanan atau buah yang mengandung vitamin C. Karena vitamin C sangat berguna bagi tubuh yaitu sebagai daya tahan tubuh akan segala bakteri ataupun virus yang dapat menyebabkan penyakit termasuk masuk angin.

10. Pakaian hangat
Jika anda bepergian dan sekiranya dingin kenakanlah pakaian yang hangat. Karena dingin merupakan salah satu hal yang paling sering menyebabkan masuk angin. Jaga tubuh anda tetap hangat agar anda terhindar dari masuk angin.

Tidak ada komentar: