Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Kalau di Indonesia Mudik, Kalo di Amerika Namanya Tahnksgiving

Mudik ala Amerika Serikat Saat Thanksgiving
Aktivitas mudik alias pulang kampung ternyata tak hanya berlaku di Indonesia saja. Masyarakat Amerika pun mengenal tradisi mudik. Bedanya, di Negeri Abang Sam mudik dikenal dengan istilah Thanksgiving.

Bagi warga AS, Thanksgiving jauh lebih penting dari perayaan hari besar keagamaan seperti Natal. Jika natal bernuansa religius, maka Thanksgiving lebih bermakna kultural sebagai tradisi yang dirayakan setiap tahun. "Thanskgiving dirayakan setiap Kamis keempat bulan November, biasanya diadakan jelang musim dingin," kata Lauren Eymille, warga Athens, Ohio AS.

Thanksgiving merupakan tradisi orang yang telah berumah tangga dan tinggal di tanah rantau akan kembali ke kampung halaman demi menyantap kalkun bersama keluarga besar. Tujuan dari kegiatan ini, menguatkan kembali hubungan kekeluargaan serta menghangatkan cinta kasih antara sesama.

Belakangan, tradisi Thanksgiving semakin meriah. Sebab ritual ini menjadi wadah penguat hubungan kekeluargaan, mempererat solidaritas sosial, mendengarkan kembali musik khas Amerika, makanan, saling bertukar pengalaman antar komunitas, dan mengingat kampung halaman. "Thanksgiving identik dengan kembali ke asal, makan kalkun bersama, cowboy, dan musik country," ujar Lauren.


Tidak ada komentar: