Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Ditemukan Jamur Raksasa Terbesar di Cina

Seorang petani asal China begitu berbahagia ketika ia menemukan sebuah jamur raksasa. Jamur seberat 15 kilogram dengan diameter 93 sentimeter ini ditemukan di kota Puxiong, Provinsi Yunnan, Cina. Ia berharap jamur temuannya ini adalah jamur terbesar di dunia.

 




"Saya kira jamur ini dapat dimasukkan ke dalam Guinness World Records," ujar salah seorang tetangga si penemu jamur, seperti dikutip laman Science World Report, Senin, 29 Juni 2013. Penemuan jamur ini pun menghebohkan warga setempat. Mereka berbondong-bondong ingin berpose bersama si jamur.

Belum diketahui secara pasti, apakah jamur ini aman untuk dikonsumsi atau tidak. Di Cina, jamur untuk konsumsi banyak dibudidayakan. Negara padat penduduk ini telah memproduksi hampir setengah dari semua budi daya jamur di seluruh dunia. Dari hutan Yunnan sendiri, ribuan ton jamur dipanen setiap tahunnya.

Tidak semua jamur bisa dimakan. Beberapa jamur bisa berbahaya dan mengandung racun. Jamur menjadi penyebab Yunnan sudden death syndrome. Gejala ini membuat orang mengalami serangan jantung dan telah menyebabkan 400 kematian dalam tiga dekade terakhir.


Tidak ada komentar: