Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Pemerintahan AS Dinyatakan Lumpuh!


Terhitung 1 Oktober 2013, Pemerintah Amerika Serikat (AS) berhenti beroperasi. Lumpuhnya kegiatan pemerintahan merupakan hasil dari kisruh anggaran yang terjadi di Parlemen AS.

Pemerintah Amerika secara resmi menghentikan kegiatan lembaga pemerintahannya. Hal ini merupakan tragedi buruk dalam sejarah Negeri Paman Sam dalam 17 tahun terakhir.

Pemerintah AS tidak memiliki anggaran untuk bekerja. Hanya beberapa lembaga yang masih beraktivitas karena dianggap memiliki fungsi yang vital.

Keputusan pahit ini diambil setelah Partai Republik menolak dana darurat yang diajukan sebagai solusi permasalahan krisis anggaran oleh Presiden AS Barack Obama. Kebijakan artinya juga menolak paket kebijakan kesejahteraan yang diusung Obama dalam kampanyenya.

Fenomena yang dikenal dengan sebutan "shutdown" ini pernah terjadi juga pada 1996. Saat itu, Pemerintah AS yang dipimpin Presiden Bill Clinton lumpuh selama 26 hari.

Peristiwa ini merupakan ulah terbaru dari Partai Republik untuk mengganggu pemerintahan Presiden Barack Obama. Partai Republik memang berniat menyerang Obama dengan segala cara.


Tidak ada komentar: