Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Udara Panas? Cobalah Minum Air Panas dan Makanan Pedas

http://asalasah.blogspot.com/2013/08/udara-panas-cobalah-minum-air-panas-dan.html
Mulai sekarang, coba dipertimbangkan lagi kalah hendak memilih jus dingin dibanding teh hangat ketika matahari panas terik. Para peneliti mengatakan bahwa minuman panas akan membuat anda merasa lebih sejuk dibanding minuman dingin ketika udara terasa panas.

Seorang ahli saraf di Universitas Cambridge, Profesor Peter McNaughton, dengan mengkonsumsi minuman panas seperti teh atau kopi, pusat suhu tubuh akan meningkat dan menyebabkan tubuh berkeringat.

Panas dari minuman akan membuat reaksi pada saraf mulut dan alat pencernaan bagian atas. Kemudian, keringat akan dihasilkan melalui rangsangan pada otak. Ketika proses penguapan tubuh, suhu tubuh akan menurun secara efektif oleh karena keringat. Air menguap secara cepat dari kulit. McNaughton menjelaskan, jika air menguap, "Anda akan merasa sejuk."

Pakar pengaturan suhu manusia di Universitas Sydney, Dr Christopher Gordon mengatakan, "Keringat baru akan diproduksi atau mengalami peningkatan produksi jika orang tersebut sudah merasa kepanasan. Saat menenggak minuman panas, memang orang sering merasa panas. Tapi setelahnya mereka akan merasa lebih dingin saat mulai berkeringat."

Seluruh permukaan kulit akan mendapat pendistribusian kelenjar keringat. Gordon menjelaskan, "Distribusi kelenjar keringat lebih banyak di wilayah seperti kepala, tangan, dan kaki. Saat berkeringat, orang sering merasa lebih dingin saat menyadari perubahan suhu kulit di wajah."

Agar berfungsi secara normal, penting bagi tubuh untuk berkeringat."Karena jika tubuh tidak berkeringat di lingkungan yang panas, maka pusat suhu tubuh akan meningkat dan kenaikan beberapa derajat saja sudah bisa menyebabkan kerusakan pada otak dan berakhir pada kematian," ujar McNaughton.

Ternyata untuk menjaga badan merasa sejuk, makanan pedas juga berguna."Makanan pedas dengan cabai yang mengandung kapsaisin menyebabkan hal yang sama pada mulut dan alat pencernaan bagian atas yang mendeteksi panas dan menyebabkan keringat," jelas McNaughton.

Menurut Gordon, ada penjelasan ilmiah mengapa penduduk di kawasan dengan iklim panas seperti Asia, India atau Amerika Selatan, cenderung menyantap makanan pedas dibanding makanan yang menyegarkan seperti semangka atau manisan beku.

Gordon mengatakan, "Makanan pedas memicu sistem saraf pusat. Ini menyebabkan rasa panas di dalam mulut bertambah dan suhu kulit akan mengalami vasolidasi, pelebaran pembuluh darah, dan berkeringat. Rasa panas dalam tubuh berpindah ke kulit lalu ke udara sekitar tubuh."

"Minuman dingin hanya mendinginkan tubuh secara sementara," kata McNaughton, "karena volume minuman dingin lebih kecil dibandingkan tubuh manusia. Jadi efek rasa dingin akan hilang dengan cepat."

"Ada batasan seberapa banyak manusia bisa menenggak minuman dingin. Karena bisa memenuhi ginjal secara berlebihan. Jadi tidak bisa minum air dingin terlalu banyak," tambahnya.

Saran Profesor McNaughton agar tubuh tetap sejuk selama udara panas:

- Membungkus handuk basah di sekitar pergelangan tangan Anda:
Sejujurnya, ilmu pengetahuan adalah sama persis seperti berkeringat, menempatkan handuk basah di kepala Anda, atau sekitar pergelangan tangan Anda, atau sekitar dari setiap bagian tubuh Anda akan menyebabkan pendinginan karena tentu saja air di handuk akan menguap, ini sebabnya mengapa handuk basah terasa dingin ketika diletakkan di tangan Anda itu akan mendinginkan.

- Menempatkan kaki Anda dalam es sambil duduk di depan kipas angin:
Sebuah es bekerja langsung.Ketika Anda meletakkan kaki Anda di dalam, kaki Anda akan terasa dingin. Dan karena Anda memiliki aliran darah yang sangat efisien, darah akan datang kembali ke tengah dan membuat Anda tetap dingin. Duduk di depan kipas membantu karena yang membantu menguapkan air atau keringat lebih cepat dari permukaan tubuh Anda. Sehingga berarti keringat akan mendinginkan Anda lebih cepat dan karena itu Anda akan merasa dingin.

- Menempatkan pakaian Anda di lemari es:
Ini mungkin akan membuat anda merasa sejuk selama sekitar 20 detik saat Anda memakainya, tapi tidak untuk efek jangka panjang.

- Pergi untuk menjalankan dan melakukan olahraga:
Sebagian besar kegiatan biasa saja karena tubuh cukup efisien dalam pendinginan, tetapi jika Anda pergi untuk latihan ekstrim dan Anda tidak memiliki cairan tubuh yang cukup, akan beda cerita. Dengan kata lain, Anda haus dan mungkin Anda tidak minum, maka jelas Anda sedang menciptakan panas oleh latihan dan jika Anda tidak punya cukup cairan di dalam tubuh Anda, maka Anda tidak akan berkeringat dengan benar. Dalam situasi tersebut, suhu tubuh Anda dapat meningkat.

McNaughton mengatakan cara terbaik untuk tetap dingin selama musim panas yaitu "menempatkan handuk dingin di kepala Anda atau pergi untuk berenang karena air di kolam renang hampir selalu lebih dingin dari Anda dan ketika Anda keluar penguapan akan mendinginkan Anda lebih baik. "

Dan di atas semua, tetaplah minum, karena minum "akan memberikan materi yang dapat menghasilkan keringat, sehingga mengurangi suhu Anda sendiri.



Sumber:www.tempo.co/read/news/2013/08/05/060502355/Udara-Panas-Coba-Air-Panas-dan-Makanan-Pedas

Tidak ada komentar: