Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Topeng Tengkorak Kuno Berusia 2.000 Tahun Berhasil Ditemukan



Tulang berusia 2.000 tahun dengan sebuah topeng ditemukan di kota kuno Aizanoi di Kutahya, Turki. Arkeolog kabarnya menghabiskan waktu selama dua tahun untuk menemukan benda peninggalan bersejarah itu.


Dilansir Hurriyetdailynews, Selasa (20/8/2013), berbicara pada Anadolu Agency, ketua kelompok penggalian Pamukkale University Archeology, Elif Ozer mengatakan bahwa penggalian telah berlangsung sejak 2011. Tulang kuno ini ditemukan dari bagian utara zaman nekropolis atau pemakaman kuno.

Topeng tengkorak itu ditemukan bersama dengan wajah dan tubuh. Topeng ini diduga telah digunakan dalam upacara pemakaman di Aizonoi. Topeng diletakkan pada wajah orang mati dan ini menandakan hubungan antara orang mati dengan upacara Dionysos.

Di waktu yang sama, penggalian juga dilakukan di Roma, Italia, di mana peneliti mengklaim telah menemukan topeng kuno. Topeng tersebut berhubungan dengan leluhur kultus atau pemujaan. "Kami sedang melakukan penelitian tentang masalah ini," kata Ozer.

Ozer mengatakan, informasi tentang temuan ini masih harus diteliti lebih lanjut. Meskipun sama-sama topeng kuno, namun topeng tersebut berbeda antara yang di temukan di nekropolis dengan yang ditemukan di daerah teater, Italia. (fmh)


Sumber :http://techno.okezone.com/read/2013/08/20/56/852621/ditemukan-topeng-tengkorak-kuno-2-000-tahun

Tidak ada komentar: