Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Tips Buang Rasa Malas

jangan malas, cara tidak malas, hilangkan malas, buang malas
Hilangkan rasa malas — Penyakit manusia yang satu ini pasti dimiliki oleh semua orang, ngaku saja deh meskipun kamu bilang tidak, meski kamu orang yang selalu semangat, ceria, dan sebagainya, pasti pernah juga merasakan penyakit malas. Biasanya rasa malas datang saat kita berada di kondisi yang tidak comfortable, secara otomatis semangat kita menurun sampai akhirnya kita menunda bahkan membatalkan suatu pekerjaan yang tadinya ingin diselesaikan. Nah, setelah itu, setelah kita sadar bahwa kita sudah / barusaja terkena penyakit malas, baru deh kita menyesal karena membuang waktu secara sia-sia, mengulur penyelesaian tugas, atau tidak belajar padahal besok kamu akan menghadapi ujian.

Rugi kan kalau kita terus menerus terkena penyakit malas. Ayo rubah kebiasaanmu, di bawah ini saya akan berikan beberapa tips untuk bisa mencegah, melawan, mengobati, membuang dan menghilangkan rasa malas kamu.

1) Olahraga. Kita sering merasa malas karena energi kita cepat habis. Dengan sering berolahraga, energi kita akan meningkat dan bisa mencegah datangnya rasa malas.

2) Istirahat yang cukup. Dengan istirahat cukup, kita akan merasa segar dan antusias sehingga tidak merasa malas. Kalau ngantuk, pasti malas dan tidak antusias.

3) Tetapkan batas waktu minimum untuk memulai. Contoh : tetapkan waktu 15 menit untuk mulai kerjakan suatu hal. Setelah itu akan lebih mudah untuk memutuskan.

4) Membuat target deadline sehingga selalu memiliki rasa urgensi. Jangan suka memberikan kompromi atas deadline yang telah dibuat.

5) Jika kita hnya melihat kesulitan dari suatu hal maka kita akan jadi malas. Maka lihatlah manfaat yang akan didapat, sehingga kita tidak jadi malas.

6) Menetapkan hadiah untuk diri sendiri. Contoh : kita ingin ujian, lalu malas untuk belajar. Berikan diri sendiri hadiah makan-makan enak setelah selesai belajar.

7) Pikirkan hal negatif apa yang akan terjadi jika kamu tetap malas. Karena banyak sekali hal negatif yang akan terjadi jika kamu tetap malas.

8) Minta tolong teman agar dapat membantumu mengatasi malas. Teman dan lingkungan yang baik akan dapat membantu membuat kita termotivasi.

9) Meminimalkan waktu kosong. Jika kita terlalu sering memiliki waktu kosong, maka kita akan menjadi semakin malas.

10) Kita merasa malas jika tugas terlalu besar. Maka agar terlihat lebih mudah untuk diselesaikan, bagilah tugas menjadi bagian-bagian kecil.

11) Pahamilah apa yang akan dikerjakan. Apabila kita paham akan apa yang ingin dikerjakan, maka rasa malas kita tidak akan terlalu besar.

12) Melakukan satu hal dalam sekali waktu. Jika terlalu banyak hal yang harus dikerjakan dalam satu waktu, kita akan menjadi malas.

13) Menantang diri sendiri. Selalu pikir dalam hati "orang lain saja bisa, kenapa saya tidak?"

14) Mencari inspirasi dari kemajuan orang lain. Dengan begitu kita akan termotivasi agar dapat mengurangi kemalasan dan mencapai kemajuan juga

15) Kalau orang punya mimpi untuk digapai, keinginan untuk berhasil, gak ada kata malas. Don't stop dreaming.

16) Kita harus berpikir Orang tua kita telah menyekolahkan kita hingga tingkat atas, mana mungkin bisa malas.

17) Ingat Sama Target, Ingat Sama Hasilnya!!! biasanya tokcer buat Lawan Rasa Malas.

18) Segarkan diri sejenak, mandi + wudhu, malas bisa langsung hilang.

19) Kalau rasa malas datang, kemungkinan kerana kita kurang istirahat, maka tidurlah. Ketika bangun dan sudah fresh lagsung kerjakan.

20) Motivasi diri. Misalnya bikin deadline sendiri sebelum deadline yang sebenarnya.
Ayo deh cepat lakukan hal-hal di atas supaya kamu terhindar dari rasa malas. Supaya kamu gak merugi, supaya waktu-waktu yang kamu lewati tidak terbuang sia-sia.

Tidak ada komentar: