Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Peminat Masuk Universitas di Inggris Menurun

  
Mahasiswa

Pendaftaran masuk ke berbagai universitas di Inggris untuk dua tahun berturut-turut mengalami penurunan. Lembaga yang mengurusi pendaftaran ke perguruan tinggi, UCAS, mengatakan data yang dikumpulkan sejak pertengahan Desember lalu menunjukkan aplikasi calon mahasiswa mencapai titik terendah sejak 2009.

Penerapan biaya kuliah yang nilainya bisa tiga kali lebih besar dari biaya lama menyebabkan angka pendaftaran mahasiswa untuk musim gugur 2012 turun tajam, namun kalangan universitas berharap akan ada kenaikan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2013.

Juru bicara UCAS mengatakan masih terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa secara keseluruhan peminat universitas di Inggris menurun.

'Terlalu dini'

Pendaftaran mahasiswa baru untuk masa perkuliahan musim gugur 2013 ditutup pada 15 Januari, meski calon mahasiswa masih bisa mendaftar ke universitas-universitas tertentu setelah tanggal tersebut.

Data sementara ini diambil UCAS pada 17 Desember dan diketahui jumlah pendaftar mencapai 265.730 atau turun 6,3% dibandingkan periode yang tahun lalu.

Pam Tatlow, ketua pengurus universitas yang tergabung di kelompok Million+ mengatakan, "Ini kecenderungan yang mengkhawatirkan."

"Kami mendesak pemerintah untuk meluncurkan kampanye nasional guna mempromosikan pentingnya pendidikan di universitas," kata Tatlow.

Namun Wendy Piatt, perwakilan univeristas di kelompok Russell Group sependapat dengan UCAS bahwa saat ini masih terlalu dini untuk menyimpulkan peminat perguruan tinggi memang benar-benar menurun


Sumber: http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2013/01/130104_pendidikan_peminat_universitas_inggris.shtml

Tidak ada komentar: