Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Pasar Tablet Meningkat, iPad Malah Merosot

Dalam laporan keuangan kuartal fiskal ketiga Apple 2013 angka pengkapalan iPad disebutkan menurun dari 17 juta unit pada kuartal yang sama tahun sebelumnya menjadi 14,6 juta unit. Hal ini bertolak belakang dengan keseluruhan pasar tablet yang sedang mengalami pertumbuhan.

Pada kuartal keempat mendatang, IDC memprediksi pasar tablet akan tumbuh 58,7 persen.

Dengan penurunan shipment tersebut, pangsa iPad di pasaran tablet dunia kini menjadi 35,5 persen, menurut data perkiraan divisi riset TrendForce, WitzView, yang dilansir oleh BGR. Disebutkan pula bahwa penjualan iPad turun lebih dari 25 persen dari angka 19,5 juta unit yang terjual sepanjang kuartal sebelumnya.

Di sisi lain, salah satu pesaing Apple, Samsung, mencatat pengkapalan 8,8 juta unit tablet pada kuartal lalu dengan penguasaan pasar 21,4 persen.

Apple diperkirakan bakal merilis model-model tablet baru tahun ini, yaitu iPad 5 dan iPad Mini generasi berikutnya. Tapi para kompetitor perusahaan berlambang buah itu pun tak tinggal diam.

Google baru saja mengumumkan penerus Nexus 7 yang dibanderol lebih murah dari iPad Mini tapi mengusung spesifikasi yang lebih baik. Sementara, Amazon dikabarkan sedang menyiapkan tiga buah tablet baru.

Terus turun
Analis Citi Research Glen Young memprediksi bahwa iPad yang menjadi pelopor perangkat tablet akan terus kehilangan pangsa pasar biarpun Apple berencana memperkenalkan model-model tablet baru.

Seperti dikutip dari Cnet, pada kuartal keempat mendatang, Young memperkirakan bahwa angka pengkapalan iPad akan mengalami penurunan year on year sebesar 7 persen.

Kalaupun shipment iPad naik 75 persen di kuartal mendatang, Young mengatakan bahwa Apple hanya akan mencatat pertumbuhan year on year sebesar 6 persen atau masih jauh di bawah pertumbuhan industri secara keseluruhan.

Citi memperkirakan iPad 5 dan iPad Mini akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan. "Kami memprediksi iPad 5 dan sebuah iPad Mini versi murah bakal diperkenalkan pada paruh kedua 2013," ujar Young.

Citi tak menyebutkan soal iPad Mini dengan Retina Display. Sebelumnya, Citi memang pernah memperkirakan bahwa produksi iPad Mini Retina akan ditunda.


Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2013/07/27/1346160/Pasar.Tablet.Naik.iPad.Malah.Turun

Tidak ada komentar: