Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Operasi Plastik Tidak Akan Menambah Daya Tarik

Operasi Plastik Mengurangi Daya Tarik
 Operasi plastik sering dilakukan banyak orang agar dianggap lebih cantik dan menarik. Namun, menurut studi baru, pasien operasi plastik wajah dapat terlihat lebih muda tetapi belum tentu membuat lebih menarik.

Para peneliti mengungkapkan bahwa kelompok pemerhati independen berpikir jika pasien bedah plastik akan tampak sekitar tiga tahun lebih muda. Tetapi tingkat daya tarik para pasien tersebut tidak berubah.

"Ini menegaskan apa yang kami duga bahwa pasien akan tampak lebih muda. Namun, kami tidak dapat menentukan peningkatan statistik signifikan dalam daya tarik dalam prosedur mengubah wajah," kata Dr Joshua Zimm, penulis utama studi tersebut.

Tapi Zimm, dari The Hill Hospital Lenox dan Manhattan Eye, Telinga dan Tenggorokan Institut North Shore-LIJ Health System di New York, kepada Reuters Health desain penelitian mungkin telah membatasi kemampuan timnya untuk mengambil perbedaan dalam daya tarik.

Ditemukan pada studi sebelumnya bahwa orang yang memiliki operasi plastik wajah - seperti wajah atau angkat dagu, akan tampak beberapa tahun lebih muda daripada sebelumnya, tetapi tak ada satupun yang melihat apakah mereka akhirnya menjadi lebih menarik.

"Ketika kita melakukan konsultasi dengan pasien, kita sering sangat berhati-hati untuk tidak mengatakan mereka akan terlihat jauh lebih muda atau lebih menarik. Biasanya kami akan memberitahu pasien mereka akan terlihat lebih segar dan tidak terlihat lelah," kata Zimm.

Pada penelitian terbaru, ia dan rekan-rekannya menunjukkan 50 pemerhati independen foto dari 49 pasien sebelum dan setidaknya enam bulan setelah operasi plastik wajah mereka, yang terjadi antara tahun 2006 dan 2010. Setiap resensi melihat sebelum atau setelah foto dari setiap pasien dan diberitahu untuk menebak usia pasien dan tingkat nya atau tarik nya pada skala 1 sampai 10. Rata-rata, para pemerhati percaya orang-orang tersebut 2,1 tahun lebih muda sebelum foto operasi. Pada mereka "setelah" operasi, pemerhati menduga mereka adalah 5,2 tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

Menurut temuan yang dipublikasikan dalam JAMA Facial Plastic Surgery, operasi plastik membuat seseorang merasa usianya berkurang sekitar tiga tahun.

Tidak ada bedanya, hanya saja ketika bagaimana pemerhati menilai daya tarik pasien saat sebelum dan sesudah operasi. "Saya rasa ada banyak poin dalam penelitian ini semacam hasil kami pada skor daya tarik," kata Zimm.

Sebagai contoh, penelitian ini hanya mencakup foto-foto dari sejumlah kecil pasien, kebanyakan pasien yang dinilai daya tariknya di skala tengah 10-point dan pemerhati hanya melihat sebelum atau setelah operasi pada foto dari setiap orang. "Saya pikir semua faktor tersebut menyebabkan hasil diremehkan," kata Zimm. "Ini tentu bukan jawaban yang definitif tentang daya tarik."

Menurut The American Society for Bedah Plastik Estetis, Facelifts biasanya dihargai hampir $ 7.000 dan operasi kelopak mata dan dahi sekitar $ 3.000.

Menurut seorang ahli bedah plastik dan rekonstruksi di Johns Hopkins University School of Medicine di Baltimore, Dr Steven Bonawitz, hali tersebut masuk akal. "Saya pikir mungkin itu mengejutkan banyak orang tentang operasi ini, tapi saya berpikir bahwa hal ini tidak mengejutkan," kata Bonawitz.

"Prosedur yang mereka lakukan umumnya dilakukan sebagai prosedur meremajakan. Operasi plastik dilakukan untuk membuat orang terlihat lebih muda," katanya. "Sangat penting dalam membahas prosedur ini dengan pasien lalu kita menjelaskan kepada mereka dengan tepat."

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/08/05/110502353/Operasi-Plastik-Mengurangi-Daya-Tarik

Tidak ada komentar: