Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Manfaat Teh Hijau Buat Otak

Seorang wanita tengah menikmati secangkir teh hijau.
Setelah melewati proses penelitian, para ilmuwan akhirnya memiliki penjelasan mengapa teh hijau baik untuk otak. Menurut para ilmuwan, hal itu terletak pada sifat kimia dari teh hijau yang bisa mempengaruhi produksi sel-sel otak, sehingga bisa meningkatkan memori dan pembelajaran spasial.

"Teh hijau adalah minuman populer di seluruh dunia," kata Yun Bai, profesor dari Third Military Medical University, Chongqing, China. "Sebelumnya sudah banyak perhatian ilmiah tentang penggunaan teh hijau dalam membantu mencegah penyakit kardiovaskuler, tetapi kini akhirnya ada bukti yang muncul bahwa sifat kimianya juga mempengaruhi mekanisme seluler di otak."

Yun bersama timnya memfokuskan pada kimia organik EGCG (epigallocatechin-3 gallate), zat utama pada teh hijau. Selain dikenal sebagai antioksidan, tim peneliti juga percaya bahwa EGCG memiliki efek yang menguntungkan terhadap penyakit degeneratif yang berkaitan dengan usia, demikian yang ditulis dalam jurnal Molecular Nutrition and Food Research.

"Kami menemukan bahwa EGCG bisa meningkatkan fungsi kognitif dengan mempengaruhi generasi sel neuron, yakni suatu proses yang dikenal sebagai neurogenesis," kata Yun. "Penelitian kami ini fokus pada hippocampus, bagian dari otak yang memproses informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang."

Selain itu, tim peneliti juga menemukan bahwa ECGC meningkatkan produksi sel-sel progenitor saraf, yang seperti sel-sel induk bisa beradaptasi, atau membedakan, menjadi berbagai jenis sel. Tim kemudian menggunakan tikus laboratorium untuk mengetahui apakah produksi sel yang meningkat memberikan keuntungan bagi memori atau pembelajaran spasial.

"Kami melakukan tes pada dua kelompok tikus, kelompok pertama menyerap ECGC dan kelompok kontrol kedua tanpa ECGC," kata Yun. "Pertama-tama, tikus dilatih selama tiga hari untuk menemukan platform dalam labirin mereka. Kemudian mereka dilatih selama tujuh hari untuk menemukan platform yang tersembunyi."

Hasilnya, tim menemukan bahwa tikus dengan ECGC memerlukan sedikit waktu untuk menemukan platform yang tersembunyi. Secara keseluruhan, hasil menunjukkan bahwa EGCG bisa meningkatkan pembelajaran dan memori dengan meningkatkan pengenalan obyek dan memori spasial. Yuk, rajin minum teh hijau mulai sekarang.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/09/10/ma3y7y-ini-dia-manfaat-teh-hijau-untuk-otak

Tidak ada komentar: