Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Kirobo, Robot Istimewa Yang Bebicara Seperti Manusia

Kirobo, Robot Pertama yang Berbicara
Kendaraan tak berawak Kounotori 4 Transfer Vehicle (HTV4) meluncur dari Tanegashima Space Center, di bagian selatan Jepang, kemarin waktu setempat. Tapi hal sangat unik bukan pada HTV4 itu. Namun robot yang dibawa perangkat seberat 3,5 ton itulah yang menjadi sorotan.

Robot itu berukuran 13 inci. Pembuatnya menamai robot itu Kirobo. Dia istimewa lantaran bisa berbicara seperti manusia. Kirobo dibuat melalui proyek Kibo Robo di University of Tokyo's Research Center for Andvanced Science and Technology.

Sang robot telah diuji di International Space Station (ISS) oleh astronot Koichi Wakata. Koichi merupakan pemandu proyek ruang angkasa pertengahan November ini. Robot kecil ini akan mengangkasa di stasiun ruang angkasa ISS mulai Desember 2014.

Kirobo diciptakan oleh Tomotaka Takahashi. Ia sudah menjalani serangkaian tes untuk memastikan kemampuannya dalam mengenali suara dan wajah. Kirobo menjalani tes pengenalan bahasa agar dapat bekerja sesuai dengan kondisi lingkungan ruang angkasa.

Kirobo berasal dari dua kata dalam proyek pembuatnya yakni Kiro dan Robo. Kiro berarti harapan dalam Bahasa Jepang. Kiro juga nama agensi eksplorasi ruang angkasa Jepang.

BBC melaporkan, Kirobo akan menjalani berbagai peran tim ISS. Dia sebagai mediator antara Wakata dan ruang kontrol. Dia juga memberikan umpan balik sebagai mahluk sosial ketika ada perubahan kondisi emosional seseorang pada sebuah ruangan yang terisolasi seperti di ruang angkasa.

"Saya berharap robot ini menjalankan fungsinya sebagai perantara orang dengan mesin," kata Takahashi kepada BBC. Dia berharap robot ini menjadi mediator antara orang dan internet, serta antar manusia.

Kirobo bukan satu-satunya robot yang membantu astronot berkomunikasi dengan pusat kontrol di bumi. Robot lain, Mirata, dibawa oleh sebuah monitor bumi untuk memantau kemungkinan kendala saat ISS selama misinya berlangsung.

Kedua robot itu telah menyampaikan pernyataan ke publik mengenai peluncurannya dalam rangka membantu misi kemanusiaan. "Saya ingin membantu menciptakan kondisi agar manusia dan robot dapat hidup bersama," ujar Kirobo, Juni lalu.

Mirata juga tidak mau kalah, bulan lalu dia menyatakan misi ruang angkasa merupakan langkah kecil baginya. Namun sebuah lompatan raksasa bagi robot. Kerja sama proyek ini dilakukan antara Kibo Robot, University of Tokyo, produsen mobil Toyota Motor Corp., serta raksasa agen iklan Jepang, Dentsu.

Takahasi terinspirasi dari tokoh kartun Jepang, Astro Boy, yang dibuat oleh seniman Manga legendaris, Osamu Tezuka pada 1952.  Misi ruang angkasa ini merupakan misi ke-4  HTV yang dimulai sejak 2009.

Roket H-28 diluncurkan di atas wilayah Jepang dan dijadwalkan kembali ke stasiun bumi pada 9 Agustus. Publik dapat memantau kegiatan Kirobo dan proyek ISS melalui akun Twtter @Kiro_robo


Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/08/06/072502581/Kirobo-Robot-Pertama-yang-Berbicara

Tidak ada komentar: