Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Kelebihan Andorid Terbaru Android 4.3

Ini Keunggulan Andorid Terbaru
Android terbaru sudah dirilis Rabu (24/7) kemarin oleh bos Android, Sundar Pichai. Walau namanya masih sama, Jelly Bean, namun Android ini serinya sudah naik setingkat, 4.3.

Tentu ini tak sekedar perubahan angka seri saja. Ada beberapa keunggulan dalam Android Jelly Bean ini. Berikut fitur unggulan yang ada di Android 4.3.

Pertama, Android 4.3 adalah Android versi tercepat dari semua seri Android. SIstem operasi baru ini meneruskan keunggulan yang sudah ada dalam seri Android sebelumnya. Jika pada Jelly Bean 4.1 ada Project Butter yang membuat banyak fungsi berjalan lancar, Android 4.3 ini menyempurnakannya. Misal untuk buffer, Andorid ini tiga kali lebih cepat. Android 4.3 juga meningkatkan render bentuk dan teks, yang lebih berkualitas dan lebih efisien. Dalam membagi tugas, dengan prosesor multi-core, Android ini juga bisa menyeimbangkan kekuatan dan pengolahan sesuai kebutuhan.

Kedua, Android 4.3 menambahkan dukungan untuk Smart Bluetooth atau Bluetooth 4.0 Energi Rendah. Perlu diketahui Bluetooth bukanlah bagian dari Android inti. Penyematan bluetooth terserah pabrikan ponsel mau menyematkannya atau tidak. Ini menyebabkan masalah bagi pengembang aplikasi.

Dengan Bluetooth 4.0 yang disematkan dalam inti Android, pengembang aplikasi bisa berimprovisasi sesuka hati. Mereka bisa membuat aplikasi yang dapat berbicara dengan sensor berdaya rendah, seperti untuk yang melacak kebugaran, kesehatan, lokasi dan data lainnya.

Lalu, Android 4.3 juga menambahkan dukungan OpenGL ES 3.0. OpenGL ES 3.0 ini perangkat lunak yang menyediakan efek visual canggih, kompresi yang lebih baik, render tekstur dengan lebih baik. Maka, pengembang Games, bisa mengemangkan Games yang memiliki visual canggih dan bisa dibuat dalam format kompresi tunggal sehingga bisa berjalan di beragam jenis perangkat.

Salah satu keunggulan Android 4.3 adalah dukungan untuk menyetel profil dengan terbatas. Jika dalam Android 4.2 satu perangkat bisa disetel dengan beberapa profil, dalam Android 4.3 fitur ini disempurnakan.

Orang tua bisa menyetel berbeda profil untuk mereka sendiri dan untuk anak-anak mereka. Setiap profil bisa disetel layar utama dan aplikasinya. Dengan fitur ini, orangtua bisa mengontrol dengan lebih jika anaknya ikut bermain perangkat Android.

Android 4.3 membawa DRM (Digital Right Management) yang baru. Fitur ini memberikan pilihan yang lebih baik bagi penyedia konten untuk membatasi penawaran ke perangkat Android. Misal, perusahaan konten seperti Netflix tidak akan menawarkan konten HD kepada Android 4.2 karena pembatasan pada DRM. naun konten HD bisa ditawarkan pada Android 4.3.

Terakhir, Android 4.3 memberikan pengembang kontrol yang lebih pada notifikasi. Dalam Android 4.3 pengembang bisa membiarkan aplikasi buatan mereka mengakses dan berinteraksi dengan bar notifikasi status dengan cara apapun yang mereka inginkan.

Namun keunggulan-keunggulan baru ini dikritik karena hanya menguntungkan para pengembang atau penyedia konten. Bukan menguntungkan konsumen.


Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/07/27/072500137/Ini-Keunggulan-Andorid-Terbaru

Tidak ada komentar: