Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

FOTO: Fenomena Awan Aneh di Langit China

Meteorological experts from the MET Office think the bizarre pathway was created by a combination of sunbeams 'cast from over the horizon,' clouds high in the sky and shadows

Sebuah fenomena alam unik terlihat di langit Boao Town, Qionghai City, provinsi Hainan, China selatan. Fenomena alam tersebut berupa penampakan langit yang terlihat terbelah dan menyerupai jalan tol.

Ketika keanehan langit nampak di atas kota Boao Town, sebagian orang mengetahui apa yang menyebabkan fenomena alam tersebut terjadi. Seperti dilansir dari DailyMail, Jumat (2/8/2013), setelah dilakukan penyelidikan oleh ahli meteorologi, keanehan langit yang terbelah menyerupai jalan tol terjadi berkat cahaya matahari yang bersinar melewati batas atas garis cakrawala, awan cirrus, dan bayangan.

Mark Selzer of the Met Office, said: 'It¿s likely this [sight] is due to a phenomenon known as crepuscular rays being cast from over the horizon

Mark Selzer, peramal cuaca dari Met Office, mengatakan, fenomena ini biasa disebut dengan sinar krepuskular, atau sunbeam. "Matahari mulai meredup, tapi tetap bersinar di beberapa bagian yang mengenai awan cirrus, dan bagian berwarna biru tua adalah bayangan yang dihasilkan karena terhalangi awan sirus," tutur Selzer.

Lebih lanjut Selzer menerangkan, bayangan yang terlihat seperti jalan tol biasanya dikarenakan sudut pandang seseorang. Ia melihatnya dari tempat yang terhalangi awan, jadi langit terlihat seperti terbelah. Di lain kasus, terkadang terlihat untaian awan tipis yang menciptakan bentuk khusus dan biasanya dikenal dengan nama Mares' Tails.

An unusual astronomical phenomena above the sky in Boao Town of Qionghai City, Hainan Province in South China

Juru bicara Met Office juga menambahkan bahwa tipe awan yang menyebabkan fenomena itu terjadi tak terlalu berpengaruh, melainkan seberapa tinggi awan tersebut.

"Cirrus adalah awan yang berada di ketinggian paling tinggi. Biasanya sekitar 18 ribu sampai 40 ribu kaki, dan awan itu membuat bayangan dari cahaya matahari.


Tidak ada komentar: