Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Fitur Rahasia dari Android Jelly Bean

Ini Dia Fitur Rahasia Android Jelly Bean
Sistem operasi Android Jelly Bean memiliki fitur rahasia untuk membatasi izin dari aplikasi dalam mengakses data pengguna di telepon seluler.

Fitur ini disebut sebagai App ops, yang terintegrasi dengan sistem operasi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih secara selektif izin yang diberikan kepada aplikasi.

Misalnya untuk ijin apakah sebuah aplikasi boleh mengakses lokasi, daftar kontak, atau kamera. Fitur ini juga mencatat apakah izin-izin ini pernah digunakan oleh aplikasi tertentu.

Menurut situs Android Police, aplikasi pihak ketiga seperti Nova Launcher bisa digunakan untuk mengakses fitur tersembunyi ini. Caranya dengan menginstal aplikasi Nova ke gadget Anda dengan mengunduhnya di Google Play.

Namun, ada juga aplikasi App Ops Starter, yang bisa digunakan. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mengkontrol aplikasi-aplikasi yang melanggar privasi.

Misalnya, pengguna tidak menyukai fitur pelacakan lokasi pengguna dari Facebok. Atau fitur Facebook yang memungkinkan aplikasi ini membaca daftar kontak pengguna.

Dengan dinonaktifkan, maka aplikasi Facebook tidak bisa lagi mengakses kedua hal tadi. Namun pada sat yang sama, aplikasi FB masih tetap berfungsi dan mengakses hal-hal lain.



Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/08/05/072502434/Ini-Dia-Fitur-Rahasia-Android-Jelly-Bean

Tidak ada komentar: