Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Amazon Beli The Washington Post Rp 2,57 Triliun

Washington Post Dibeli Amazon Rp 2,57 Triliun
 The Washington Post akan dijual kepada Jeff Bezos, pendiri web raksasa ritel Amazon, dalam sebuah langkah yang mengejutkan banyak pengamat. Perjanjian untuk menjual salah satu media legendaris di Amerika Serikat ini mengakhiri kontrol 80 tahun oleh keluarga Graham atas media yang berhasil membongkar skandal Watergate pada 1972 itu.

Kesepakatan tersebut dilakukan secara rahasia, bahkan wartawan mereka sendiri terkejut dengan putusan ini. "Ini adalah berita yang benar-benar menakjubkan," kata pengamat media, Jim Romenesko, kepada Guardian. "Lebih mengejutkan karena berita ini juga tidak bocor bahkan di kalangan intern yang penuh dengan wartawan investigasi."

Menurut laporan Washington Post sendiri, inisiatif untuk penjualan berasal dari keluarga Graham, bukan dari Bezos. Donald Graham, chief executive Washington Post Co, menggunakan sebuah perusahaan investasi untuk mendekati enam "pelamar potensial" sebelum memilih Bezos.

Harga jual yang ditetapkan sebesar US$ 250 juta, atau setara Rp 2,571 triliun, disebut banyak pengamat sebagai jumlah yang relatif kecil untuk sebuah lembaga legendaris. Jika merujuk pada data yang dirilis Bloomberg yang menyebut total kekayaan Bezos adalah US$ 22 miliar, pembelian media ini hanya mengurangi 1 persen saja kekayaannya.

Penjualan Washington Post menambah panjang daftar pindah kepemilikan media-media ternama, yang terakhir adalah penjualan Boston Globe oleh New York Times Co kepada pemilik Red Sox, John Henry, dengan harga 'hanya' US$ 70 juta.

Graham mengatakan setelah empat generasi mengelola media ini, "Setiap anggota keluarga memiliki emosi yang sama, kejutan. Tapi ketika gagasan transaksi dengan Jeff Bezos datang, itu mengubah perasaan saya." Menurutnya, Washington Post bisa selamat di bawah kepemilikan perusahaan dan lebih menguntungkan di masa mendatang.

Menurut artikel dalam Washington Post, Katharine Weymouth, keponakan Graham, akan terus bertindak sebagai penerbit dan kepala eksekutif surat kabar itu setelah penjualan itu. "Tidak ada PHK sebagai akibat dari transaksi tersebut," kata surat kabar itu.


Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/08/06/116502585/Washington-Post-Dibeli-Amazon-Rp-257-Triliun

Tidak ada komentar: