Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Air Danau di Paraguay Jadi Hijau Akibat Ganggang Beracun

air danau


Saat ini kondisi danau Ypacarai di Aregua, Paraguay, sedang dalam situasi berbahaya. Air danaunya telah berubah warna menjadi hijau lumut pekat. Hal itu disebabkan oleh kehadiran ganggang hijau yang beracun.

Sebelumnya warna air danau tersebut hijau jernih namun perlahan berubah saat munculnya ganggang cyanobacteria. Ganggang biru-hijau itu mengandung racun sehingga membunuh ikan penghuni danau. Para penduduk di sekitar danau juga harus memakai masker penutup hidung untuk menghindari aroma menyengat.

Ganggang beracun itu pertama kali ditemukan di dalam danau sekitar 5 bulan yang lalu. Ganggang itu hadir disebabkan oleh pencemaran air dari sampah dan air limbah yang dibuang di danau tanpa pengolahan.

Saat ini petugas setempat sedang mencari cara penanggulangan karena telah menyebar ke seluruh area. Danau itu sendiri membentang seluas 35 mil persegi dan kedalamannya nyaris 10 kaki. Untuk membersihkannya pun petugas membutuhkan pembangunan saluran pembuangan air.

Ganggang biru-hijau berkembang saat cuaca panas dan tidak semua yang mekar beracun. Namun sekitar setengah populasi memang dapat menghasilkan racun yang sanggup membunuh hewan ternak dan domestik. Manusia yang menelan ganggang akan menderita gangguan perut dan ruam gatal-gatal.


Tidak ada komentar: