Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

“Insya Allah, Lebaran Tahun Ini Serentak”


Presiden Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam Indonesia (SII), M Chalif Ibrahim memprediksi meski penetapan awal puasa berbeda, namun untuk 1 Syawal 1434 Hijriyah akan berbarengan.

"Insya Allah hampir bisa dipastikan lebaran 1 Syawal jatuh pada Kamis (8/8/2013) secara serentak, kami DPP SII sudah mengeluarkan maklumat kepada seluruh kader dan simpatisan," Chalif melalui press release, Senin (29/7/2013).

Menurutnya, kemungkinan seluruh umat Islam seperti Nahdhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah akan berbarengan melaksanakan hari raya Idul Fitri tanggal 1 Syawal 1434 Hijriyah tanggal 8 Agustus 2013 nanti.

"Jadi bukan cuma kaum SII saja," ucapnya.

Sementara A. Mafachir sebagai Departemen Masywi (Majelis Syar'I wal Ibadah) DPP Syarikat Islam Indonesia beranggapan bahwa, bardasarkan ilmu falak hisab itu ijtimak Rabu 7 Agustus 2013 dan malamnya tinggi bulan sudah di atas 5 derajat, bahkan 7 derajat sehingga imkanu ru'yah bi wujudil hilal.

"Kemarin kita genapkan Sya'ban 30 hari karena mustahil ru'yah lalu otomotis Ramadhan 29 hari. Maka, 1 Syawal jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013 dan syawwal akan jadi 30 hari," tandasnya. [*/inilah]


Tidak ada komentar: