Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Gaji Anggota DPR Indonesia, Jauh Melebihi Inggris, AS dan Jerman


GAJI anggota DPR di Indonesia tercatat sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Gaji anggota DPR di Indonesia hanya kalah dari Nigeria, Kenya, dan Ghana, namun jauh melebihi anggota DPR di negara maju anggota G8 seperti Inggris, Jerman, Prancis, Jepang dan Amerika Serikat.

Peringkat ini disusun bukan berdasar jumlah tetapi berdasar perbandingan gaji dengan pendapatan per kapita penduduk. Data gaji anggota DPR itu dirilis oleh Independent Parliamentary Standards Authority (Ipsa) dan Dana Moneter Internasional (IMF). Data ini juga dimuat majalah Economist edisi 20-26 Juli 2013.

Dari data tersebut, Nigeria menjadi negara dengan gaji anggota DPR paling besar di dunia, yaitu 116 kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya. Di urutan kedua, negara Kenya dengan pendapatan anggota DPR-nya 76 kali lipat dari pendapatan per kapita warga Kenya per tahun. Disusul di peringkat ketiga ada Ghana dengan pendapatan anggota legislatifnya 30 kali lipat lebih besar dari pendapatan per kapita penduduk Ghana.

Sementara Indonesia berada di peringkat keempat dengan jumlah gaji anggota DPR-nya 18 kali lipat dari pendapat per kapita rata-rata penduduk Indonesia. Data Ispa, gaji anggota DPR di Indonesia per tahun adalah USD 65.000. Dengan pendapatan per kapita dari data terakhir IMF yaitu USD 3.582, diketahui gaji anggota DPR di Indonesia adalah 18 kali pendapatan per kapita penduduk.

Di Amerika Serikat, gaji anggota parlemen berkisar 3,5 kali pendapatan per kapita penduduk. Demikian juga dengan gaji anggota DPR di Jepang, berkisar 3 kali pendapatan per kapita penduduknya.

Sementara gaji anggota DPR di Jerman berkisar 3 kali pendapatan per kapita penduduknya, sementara di Prancis berkisar 2 kali pendapatan per kapita penduduknya. Di Malaysia, gaji anggota parlemen mencapai USD 25.000 per tahun, sekitar 2,5 pendapatan per kapita penduduknya.

Gaji yang berlipat-lipat dari pendapatan per kapita penduduk tampak di negara-negara Afrika. Sejumlah 4 negara Afrika menduduki peringkat teratas. Di Kenya misalnya, gaji anggota DPR mencapai USD 74.500 per tahun. Padahal pendapatan per kapita penduduknya hanya sekitar USD 1.000 per tahun. Dengan gaji wakil rakyat 76 kali pendapatan per kapita, tak ayal protes sering muncul dari rakyat.

Awal tahun ini demonstran membakar 221 peti mati di depan gedung wakil rakyat di Kenya. Mereka tak terima wakil rakyat makan uang rakyat begitu besar tetapi kerja tak becus. [/merdeka]


Tidak ada komentar: