Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Bulan Ramadhan Ini Stasiun Televisi Inggris Akan Siarkan Adzan




Ajaran agama Islam bukanlah agama mayoritas di Barat. Meskipun begitu perkembangan ajaran agama ini amatlah menjanjikan baik di Eropa maupun di belahan dunia lain. Terlebih jelang datangnya bulan suci Ramadhan yang mulia, banyak pihak yang berusaha memberikan perhatiannya terhadap agama ini.

Di Inggris misalnya, stasiun televisi Channel 4 kabarnya akan menyiarkan azan subuh selama Ramadhan. Keputusan tersebut dibuat untuk mengubah pandangan orang yang selalu berpandangan negatif terhadap Islam dengan pandangan teror dan kekerasan.

Senior eksekutif Channel 4, Lee, mengatakan pihaknya akan menjadi chanel televisi umum Inggris pertama yang menyiarkan azan. Channel 4 juga akan menampilkan jadwal Magrib dan Subuh untuk membantu puasa umat Muslim. Mereka juga akan menyiarkan video keseharian pemuda Muslim selama Ramadhan serta program doa dan berbagai kegiatan Ramadhan.

"Tidak diragukan Channel 4 akan dikritik karena memusatkan perhatian pada agama 'minoritas' tapi itulah apa yang kita lakukan di sini - memberikan ruang untuk alternatif dan suara bagi mereka yang kurang terwakili," kata Lee seperti dikutip onislam, Selasa (2/7).

"Dan jangan lupa bahwa Islam adalah salah satu dari beberapa agama yang berkembang dan sebenarnya meningkat di Inggris. Hampir lima persen dari negara secara aktif akan terlibat dalam bulan Ramadhan ini," tambahnya.

Tindakan Channel 4 yang akan menyiarkan adzan selama Ramadan dianggap sebagian warga Inggris sebagai tindak provokatif akan meningkatkan tensi di antara komunitas masyarakat. Siaran adzan itu nantinya ditayangkan selama tiga menit dan bila sesuai rencana, maka Adzan subuh pertama kali akan berkumandang pada hari pertama di bulan Ramadhan.

Tidak ada komentar: