Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

5 Penemuan Hebat Yang Menghancurkan Dunia

1. Zyklon B
Fritz Haber merupakan ilmuan Yahudi pemenang hadiah Nobel yang membuat pupuk nitrogen yang murah dan juga membuat senjata kimia untuk Jerman pada Perang Dunia I. adalah insektisida yang merupakan hasil karyanya, banyak digunakan pada took-toko bahan makanan yang bertanggungjawab atas kematian sekitar 1.2 juta orang. Zyklon B menjadi metode eksekusi gas yang lebih disukai di kamar-kaar gas selama Holocaust


2. Agent Orange
Arthur Galtson membuat zat kimia yang bisa mempercepat pertumbuhan kacang kedelai dan membuat tanaman tersebut bisa tumbuh di daerah yang memiliki musim-musim pendek. Namun konsentrasi yang tinggi justru membuat tanaman tersebut gundul. 

Konsentrasi zat kimia yang tinggi ini akhirnya dibuat sebagai berbisida, walaupun Galtson sudah memaparkan efek buruknya bagi manusia. Kemudia zat-zat ini disuplai ke pemerintahan USA di dalam tong-tong berstrip warna orange dan 77 juta liter zat kimia ini (kemudian disebut agen orange) disebarkan di Vietnam dan menyebabkan 400.000 kematian dan cacat dengan 500.000 kelainan pada kelahiran bayi.



3. Gatling Gun
Richard Jordan Gatling menemukan Gatling Gun setelah ia menyadari bahwa kematian di Perang Sipil Amerika justru disebabkan oleh penyakit, bukan oleh peluru. Di tahun 1877, ia manulis; "Jika saya bisa membuat sebauh mesin (sebuah senjata) yang dengan kecepatannya dalam menembak, membuat seorang prajurit saja bisa melakukan peperangan seperti ratusan prajurit, maka saya bisa menggantikan keperluan akan prajurit yang banyak, dan konsekuensinya, peperangan dan penyakit akan berkurang banyak juga." Gatling gun ini justru sukses digunakan untuk memperluas kekuasaan kerajaan kolonial Eropa yang dengan bengisnya memberantas penduduk asli yang hanya memiliki senjata tradisional.


4. TNT
Joseph Wilbrand merupakan ahli kimia Jerman yang menemukannya di tahun 1863 untuk bahan celupan warna kuning. TNT merupakan singkatan dari TriNiTroluene. Namun pada tahun 1902, kekuatan sebenarnya dari TNT terbongkar dan akhirnya TNT digunakan sebagai bahan peledak yang banyak dipakai di Perang Dunia I dan II. Sampai sekarang TNT masih dipakai untuk keperluan militer.


5. Leaded Petrol
Ini merupakan penyebab rusaknya ozon kita. Thomas Midgley menemukan bahwa CFC merupakan bahan pendingin yang lebih aman daripada bahan pendingin beracun lainnya seperti ammonia. Tetapi ternyata justru merusak ozon. Idenya yang terkenal lagi adalah menambahkan tetrabedryl lead (timbale tetrabedral) ke dalam bensin. 

Tetapi, ia justru menambah daftar panjang dosanya dengan menyebabkan orang-orang keracunan timbale. Ia dijuluki sebagai seorang pria yang "memiliki dampak yang lebih besar ada atmosfer disbanding satu organism tunggal mana pun dalam sejarah dunia."


Tidak ada komentar: