Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

FOTO: Inilah Morris, Kucing Calon Walikota di Meksiko

Kucing Ini Jadi Kandidat Wali Kota

Ini bukan lelucon. Morris, seekor kucing, benar-benar dijagokan jadi walikota Jalapa, sebuah kota di negara bagian Veracruz, Meksiko. Pengusungnya adalah warga situs jejaring sosial Meksiko yang kecewa dengan panggung politik negeri itu.

Pemilik kucing berbulu hitam-putih inilah yang memulai slogan kampanye, "Lelah dengan pemungutan suara untuk memilih tikus? Pilihlah kucing!"

Halaman Facebook untuk Candigato (gato berarti kucing dalam bahasa Spanyol) sekarang memiliki lebih dari 130 ribu penyuka (like), jauh di atas para kandidat yang sudah mendaftarkan diri dalam pemilu Jalapa. 

Bahkan, pendukungnya di situs itu lebih banyak dari pendukung Gubernur Veracruz saat ini. Meksiko akan mengadakan pemilihan lokal di setengah dari negara pada tanggal 7 Juli.

Halaman Facebook Morris dan website dipenuhi dengan karya seni, video, dan slogan yang dikirimkan oleh pendukung dari seluruh Meksiko. Akun Twitter atas namanya, di luar kendali Chamorro, juga menggalang kampanye untuk mendukungnya.

Popularitas Morris kini melebihi para kandidat lainnya. Sebut nama Morris di Meksiko, seluruh warga akan mengenalnya.

"Kini Morris bukan lagi milik kami. Dia milik para penggemarnya," kata Chamorro, menambahkan bahwa ia bahkan menerima pesan dari para pendukung Morris yang memiliki rencana untuk memastikan namanya ada dalam daftar kandidat calon walikota.

Morris juga telah mengilhami sejumlah kandidat hewan lain di kota-kota lain Meksiko termasuk keledai di Ciudad Juarez, anjing di Oaxaca dan ayam di Tepic. Namun, tak ada yang menyaingi Morris dalam hal membuat pejabat pemerintah Meksiko ketar-ketir.

Kucing Ini Jadi Kandidat Wali Kota
Kucing Ini Jadi Kandidat Wali Kota
Kucing Ini Jadi Kandidat Wali Kota
Kucing Ini Jadi Kandidat Wali Kota
Kucing Ini Jadi Kandidat Wali Kota

(*/foto:REUTERS/tmp)


Tidak ada komentar: