Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

4 Inspirasi Jokowi dari Singapura untuk Mengubah Jakarta

4 Inspirasi Jokowi dari Singapura untuk Mengubah Jakarta

Sebagai Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menginginkan wajah Ibukota dapat tertata lebih baik lagi. Ia pun berniat akan mengubah Jakarta menjadi kota yang ramah bagi para warganya.

Beberapa kali Jokowi mengungkapkan kekagumannya terhadap tata kota sejumlah negara. Namun, sepertinya Singapura menjadi sumber inspirasi terbesar bagi Jokowi.


Bahkan, Jokowi rela menyempatkan diri untuk berkunjung ke Singapura khusus untuk melihat dan mempelajari negara tersebut. Di bawah ini adalah 4 inspirasi Jokowi dari Singapura untuk merubah wajah Jakarta.

1. Marina Bay 


Kini, waduk Ria Rio yang merupakan waduk kumuh di kawasan Jakarta Timur siap berganti wajah layaknya Marina Bay di Singapura. Pengerjaannya pun akan dikebut mulai pertengahan tahun 2013 ini. Jokowi berencana akan memborong waduk berukuran 8 hektar tersebut sebagai upaya memperluas Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Nantinya, kawasan itu akan diubah menjadi kawasan yang nyaman dan layak untuk dijadikan tujuan wisata seperti Marina Bay di Singapura. " Kemarin-kemarin kan developer yang banyak beli lahan kita, sekarang kita balik. Kita yang beli lahan mereka. Seperti waduk Ria Rio dekat Cempaka Mas. " ujar Jokowi

2. Orchad Road 


Jokowi berniat akan mengubah area Blok M – Thamrin menjadi kawasan modern layaknya Orchad Road di Singapura. Beberapa pekerjaan rumahnya adalah kebersihan, penataan PKL, area parkir, dan titik crowded.

Selain itu, Jokowi akan menjadikan area itu sebagai "Creative Public Space" yang bertujuan untuk membangkitkan kreatifitas masyarakat Jakarta. " Termasuk PKL di sini akan dibuat kantong PKL. Dari Thamrin City ke EX nanti bisa parkir. Terus orang-orang bisa jalan-jalan menikmati creative public space di sini sampai EX. " tandasnya

3. MRT 


Pada hari Sabtu, (30/3/2013), Jokowi berkunjung ke Singapura untuk menggandeng MRT negara tersebut menjadi advisor bagi proyek MRT Jakarta. Adapun keputusan Jokowi menggandeng Singapura lantaran kebijakan MRT Jakarta harus dicanangkan pada bulan ini.

Kini, Jokowi pun tengah mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan untuk memulai pembangunan MRT Jakarta. Mengingat proyek MRT Jakarta adalah proyek pertama di Indonesia, maka Jokowi merasa perlu pendampingan dari negara yang telah berpengalaman yakni Singapura.

4. Taman Kota 


Selain mencari advisor untuk proyek MRT Jakarta, misi Jokowi ke Singapura pada Sabtu (30/3/2013) adalah untuk mempelajari bagaimana negara tersebut mengelola taman-tamannya. " Tahun 1970-1980 kan Singapura juga kumuh. Jadi dari mana mulainya. Tahu-tahu jadi negara taman gitu, negara hutan. Ini yang kita sudah memulainya. " pungkasnya

Menurut Jokowi, untuk membuat banyak taman kota di Jakarta memerlukan lahan yang luas. Konsekuensinya, akan banyak warga Jakarta yang harus dipindahkan agar taman kota dapat terwujud. Jokowi berharap program taman kota dapat terealisasikan di tahun ini. Nantinya, lokasi yang dimungkinkan untuk penerapan taman kota adalah Marunda atau Muara Baru. 

Tidak ada komentar: