Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

10 Pemandangan Menakjubkan Diluar Angkasa yang Jarang Terjadi


Keindahan angkasa pada malam hari saat dilihat dari bumi dengan matatelanjang sangatlah mengagumkan. Pemandangan itu jauh lebih indah lagi saat dilihat dengan teleskop khusus luar angkasa.

Namun, tidak semua orang bisa menyempatkan diri pergi ke planetarium atau berkunjung ke observatorium, kalau di Indonesia bisa dilihat di Boscha. Jarak yang jauh dan harga teleskop luar angkasa yang mahal membuat kebanyakan orang hanya menikmati indahnya luar angkasa dengan matatelanjang, seadanya saja.

Akan tetapi keindahan luar angkasa yang terlewatkan matatelanjang, bisa dilihat disini. Ada 10 pemandangan luar angkasa yang menakjubkan yang bisa kamu lihat di halaman berikut ini.

1. Lidah Matahari
Badai matahari, yang efeknya bisa dirasakan sampai ke bumi, mempunyai penampakan yang menakjubkan. Sebuah bola besar yang menyala dengan warna orange kemerahan, menyemburkan lidah api yang sangat tinggi ke angkasa.

Lidah MatahariBadai ini terjadi pada 29 September 2008 dan menyebabkan tingginya tingkat radiasi ultra violet di bumi. Badai matahari adalah pancaran gelombang elektromagnetik terkait dengan lontaran massa korona yang sanggup melemparkan partikel berenergi dari matahari ke antariksa. 

2. Nebula Kotak
Merupakan awan antar bintang yang terdiri dari debu, gas dan plasma dengan kerapatan rendah, jauh lebih rendah daripada kerapatan air. Hanya saja, karena dilihat dari jauh, maka tampak seperti gumpakan.

Nebula KotakAda beberapa teori mengenai bentuk awan Nebula, ada yang menyatakan kalau bentuknya silinder, namun juga ada yang berhasil memotret Nebula saat berbentuk kotak dengan dalaman silinder.

3. Cincin Saturnus
Siapa yang tidak tahu cincin Saturnus? Namun pernahkah melihat bahwa ternyata cincin Saturnus saat dilihat dari sudut yang tepat ternyata sangat menakjubkan.

Cincin SaturnusLihat saja gambar di atas, foto ini berhasil ditangkap oleh pesawat ruang angkasa Cassini pada tahun 2006. Cassini tengah melintas di belakang cincin gas raksasa tersebut pada saat menjalankan misi ke-9 nya. Sebuah pemandangan yang luar biasa.

4. Eta Carinae
Merupakan sistem bintang di konstelasi Carina, jaraknya sekitar 7.500 hingga 8.000 tahun cahaya matahari. Sistem ini mengandung setidaknya dua bintang, salah satunya adalah variabel bintang bercahaya biru. 

Eta CarinaeSebenarnya kombinasi luminositas dapat menghasilkan empat kali milik matahari dan memiliki massa 100 kali massa matahari.

5. Pasir Mars
Atmosfer di Mars sangat tipis sehingga benda cair cepat membeku dan cepat pula menguap di sana. Namun kencangnya hembusan angin di Mars membuat bukit pasir besar tampak mengalir dan terkadang tampak menetes seperti cairan. 

Pasir MarsFoto di atas merupakan saat dimana musim berubah di Mars, dari musim semi ke musim panas. Kuatnya hembusan angin membuat pasir seolah-olah seperti air yang menetes. 

6. Bulan Terpotong
Ini adalah gerhana bulan sebagian yang tertangkap kamera di Pakistan. Bulan purnama yang begitu besar, 'terpotong' sebagian dengan bentuk yang sungguh menakjubkan.

Bulan TerpotongFoto Bulan Terpotong ini diambil pada 22 Juli 2009 yang lalu. Dan hasilnya terciptalah sebuah pemandangan yang sangat indah.

7. Lautan Bintang
NGC 290 adalah ruang terbuka di Small Magellanic Cloud yang terletak di konstelasi Tucana. Ruang ini diabadikan dengan menggunakan teleskop ruang angkasa Hubble .

Lautan BintangRuang terbuka dalam rasi bintang ini terdiri dari beberapa bintang muda, dan lebih banyak bintang biru daripada bintang merah. Seperti lukisan yang terpapar di jagatraya, indah bukan :) 

8. Permukaan Merkurius
Ini adalah gambar yang berhasil dikirim oleh MESSENGER ke bumi dari planet Merkurius. 

Permukaan MerkuriusBegitu jelasnya gambar yang berhasil ditangkap pada 8 Oktober 2008 tersebut, sehingga seolah-olah kita bisa menyentuh permukaan planet pertama dari galaksi Bima Sakti tersebut.

9. Crab Pulsar
Ini adalah magnet bintang neutron yang berukuran hampir sebesar sebuah kota. Magnet ini berputar 30 kali per detik, dan pada gambar yang dilakukan dengan sinar X, memberikan gambaran yang jelas dari batas rumit Crab Pulsar.

Crab PulsarGambar ini diabadikan oleh Chandra Observatory. Massa Crab Pulsar sendiri lebih besar dari massa matahari, putaran pulsar sendiri adalah hasil dari runtuhnya sebuah bintang masiv. Runtuhan bintang masiv itu menghasilkan ledakan supernova yang pernah disaksikan pada tahun 1054. 

10. Stasiun Luar Angkasa Internasional
Stasiun ini dikenal dengan nama beken ISS, Internasional Space Station, 'kantor' di luar angkasa ini terlihat mengesankan setelah ia diluncurkan. Mengorbit di atas bumi dengan puluhan panel surya, gulungan dan modul, membuat ISS terlihat menakjubkan.

Stasiun Luar Angkasa InternasionalKarena posisinya yang cukup rendah, ISS seringkali bisa dilihat dengan matatelanjang dari lokasi yang tepat di bumi. ISS berfungsi sebagai laboratorium penelitian gaya berat mikro dan lingkungan ruang, dimana awak ISS melakukan eksperimen dalam bidang biologi, biologi manusia, fisika, astronomi, meteorologi dan bidang lainnya.

Stasiun ini juga berfungsi sebagai tempat pengujian pesawat ruang angkasa, juga menyediakan sistem dan peralatan yang dibutuhkan untuk misi ke bulan dan ke Mars.

Sejak pertama kali didirikan, stasiun ini sudah ditempati selama 12 tahun. Stasiun ini dilayani oleh pesawat ruang angkasa Soyuz, Progress, Transfer Vehicle Otomatis, H-II Transfer Vehicle dan Dragon. Stasiun ini juga telah dikunjungi astronot dan kosmonot dari 15 negara di dunia.


Tidak ada komentar: