Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Jum'at Gerhana Matahari, Pertanda apa?


DUNIA akan menjadi saksi bisu sebuah fenomena alam yang sangat langka. Mulai hari ini (9/5), Matahari akan tertutup oleh Bulan untuk beberapa saat.

Seperti yang dilansir oleh Mashable (7/5), fenomena ini pun tak hanya akan terjadi selama sehari saja. Diperkirakan, hal ini akan terulang hingga hari Jumat (10/5).

Adapun fenomena yang lebih dikenal dengan gerhana matahari ini akan sangat jelas terlihat di beberapa tempat di Australia. Selain itu, Samudera Pasifik bagian Selatan juga akan menemui fenomena ini pada hari Jumat.

Gerhana matahari ini sendiri diyakini akan menjadi gerhana sempurna. Hal ini dikarenakan hampir 95 persen matahari akan ditutup sepenuhnya oleh bulan yang melintas tepat di antara matahari dan bumi.

Selain di kedua tempat tersebut, Asia Tengah, Australia Barat, Eropa Timur dan beberapa negara Afrika juga akan menjadi saksi dari hadirnya gerhana yang sangat langka ini. Namun, bedanya di tempat ini, gerhana akan terlihat sebagian saja pada 24 Mei.

Selain gerhana yang akan terjadi besok, diperkirakan masih ada lagi gerhana susulan di tahun ini. Gerhana matahari ini akan terjadi pada 3 November 2013.

Yukk, shalat gerhana? semoga pertanda baik.


1 komentar:

  1. memang sudah lama saya menantikan even gerhana matahari sejak terakhir saya saksikan tahun 1983, kabarnya akhir bulan Mei ini akan ada gerhana sebagian, yang akan terlihat saat matahari terbit hingga puncaknya sekitar pukul 8 (sumber: kalender Bali )

    BalasHapus