Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Sengat Lebah Ampuh Membunuh Virus HIV


Virus HIV sangat sulit dihancurkan adalah karena ukurannya yang begitu kecil.
Bahkan lebih kecil daripada sel darah.
Maka dari itu virus tersebut begitu cepat menyerang sel darah putih tanpa bisa dihentikan.
Namun para peneliti tentunya tidak menyerah untuk menemukan cara agar bisa menghancurkan virus HIV. Salah satunya adalah dengan lebah.
Penelitian dari Washington University School of Medicine dan dikepalai oleh Joshua L Hood sudah membuktikan kalau virus HIV akhirnya bisa dibunuh dengan racun dari sengatan lebah. Secara detail, di dalam racun sengatan lebah ada senyawa berupa peptida beracun yang disebut dengan melittin. Senyawa itulah yang menyerang dan membunuh virus HIV. Sayangnya, menyerang virus HIV tidak semudah yang dibayangkan. Karena ukuran yang kecil dan gerakan yang cepat, ada pelindung pada virus HIV yang membuatnya susah mati. Namun dengan teknologi nanopartikel, peneliti berhasil mengirim melittin ke tubuh virus HIV secara langsung. Selain itu, serangan melittin pada virus HIV tidak akan membahayakan sel-sel sehat di sekitarnya.
"Kami membentuk melittin seperti pori-pori yang sangat kecil yang menyerang pelindung virus, mengupasnya dan akhirnya membunuh sepenuhnya," papar Hood, seperti yang dikutip dari The Week.
Meskipun penelitian ini baru dilakukan di dalam laboratorium dan belum diujicobakan pada makhluk hidup, Hood menganggapnya sebagai salah satu penemuan besar yang diharapkan bisa bermanfaat di dunia medis.
Hasil penelitian pun dilaporkan dalam jurnal Antiviral Therapy.


Tidak ada komentar: