Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Agar Lulus UN, Sejumlah Sekolah Jawa Timur Gelar Ritual Syrik


JOMBANG - Berbagai cara dilakukan para siswa menjelang Ujian Nasional (UN) di Jombang, Jawa Timur. Dari yang syar'i hingga yang syirik. Selain belajar, pensil yang bakal digunakan mengerjakan soal diberi rajah dan dijampi-jampi.

Ritual itu dilakukan puluhan siswa Madarasah Aliyah (MA) Al Ihsan, Desa Kalikejambon Kecamatan Tembelang Jombang. Pensil para siswa ini dikumpulkan dan diberi rajah oleh seorang kyai.

Sebelum melakukan ritual tersebut, para siswa terlebih dulu melakukan shalat dhuha dan istighasah di mushala sekolah setempat. Seusai berdoa, mereka bermaaf-maafan sesama temannya.

Selanjutnya, dengan membawa pensil 2B dan penghapus yang akan dipakai mengerjakan soal UN, para siswa mendekat ke seorang kyai bernama KH Abdul Hakim. Satu per satu pensil mereka dirajah menggunakan tulisan Arab.

Di sela-sela merajah pensil itu, para siswa terus melantunkan bacaan surat-surat pendek. Sesudahnya, mereka juga diberi air minum botol yang dianjurkan diminum sebelum berangkat ke sekolah.

Abdul Hakim sendiri percaya dengan doa dan belajar, para siswa akan lulus dari UN ini. "Tahun kemarin juga ritual semacam ini. Alhamdulillah hasilnya lulus semuanya," kata Hakim, Sabtu (13/4/2013), pada Detik.

Wahyuningsih (17), salah satu siswi sekolah itu mengatakan, dia berharap ritual ini bisa menenangkan dirinya saat menghadapi UN nantinya. "Saya sudah belajar maksimal. Ini doa sekaligus ritual semoga bisa menenangkan saya nanti," ungkapnya.

Tidak hanya merajahi pensil, di Pasuruan sejumlah siswa melakukan ritual mandi kembang agar lulus Ujian Nasional. | FIMADANI


Tidak ada komentar: