Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

9 MARET 2013, Satu Lagi ASTEROID Besar Bakal Lewati Bumi

Asteroid seukuran lebar lapangan bola ditemukan oleh Virtual Telescope Project yang berbasis di Italia. Benda luar angkasa dengan lebar 330 kaki (100 meter) ini akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada jarak 960 ribu km. Asteroid (2013 ET) ini kemungkinan melewati sisi Bumi pada Sabtu (9/3). Kabarnya, asteroid seukuran lapangan bola ini mendekati Bumi setelah asteroid dengan lebar 10 meter (2013 EC) mencapai jarak terdekat dengan Bumi di 370 ribu kilometer pada awal Senin lalu.

Asteroid dengan kode nama 2013 ET ini akan melewati Bumi dengan jarak setara dengan 2,5 kali lipat jarak antar Bumi dengan Bulan. Sehingga, ini akan terlalu samar dan jauh untuk diamati di langit malam. Akan tetapi, Virtual Telescope Project yang berlokasi di Italia akan menyediakan video webcast atau pemandangan langsung untuk mengamati batu luar angkasa tersebut.

Para astronom mengatakan, asteroid besar ini tidak akan memberikan dampak bahaya terhadap Bumi. Asteroid 2013 ET ini sama seperti asteroid 2013 EC yang tidak akan menimbulkan ancaman terhadap Bumi. Para ahli memperkirakan bahwa jumlah asteroid dekat Bumi mencapai hingga 1 juta. Namun, hanya 9.700 yang telah ditemukan sampai saat ini.

Diungkapkan pula, objek yang tidak terdeteksi bisa saja menghantam Bumi tanpa peringatan sebelumnya. Seperti yang terjadi pada 15 Februari 2013 lalu, di mana ledakan meteor menyebabkan ribuan penduduk Rusia luka-luka akibat terkena serpihan kaca yang dihasilkan gelombang kejut. Ilmuwan NASA telah mengidentifikasi dan memetakan orbit dari 980 asteroid dekat Bumi, yang memiliki ukuran lebar sedikitnya 1 km. Asteroid besar diyakini pernah menghantam Bumi 65 juta tahun lalu dan mengakibatkan kepunahan hewan purba, dinosaurus.


Tidak ada komentar: