Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

10 Anak Muda Terkaya Versi Forbes


Majalah bisnis terkemuka, Forbes, melansir 1.426 orang kaya dunia yang memiliki total kekayaan bersih US$5,4 triliun. Carlos Slim Helu, konglomerat dari Meksiko, masih menjadi orang terkaya sejagat. Total kekayaannya mencapai US$73 miliar.
Di belakang Carlos Slim, masih bertengger nama-nama lama seperti Bill Gates
dengan kekayaan US$67 miliar, dan Amancio Ortega sebagai pemilik fashion Zara. Kekayaan Ortega tercatat mencapai US$57 miliar.
Namun, di balik nama-nama lama dan orang kaya baru, muncul barisan anak muda dengan kekayaan menjulang. Dari 1.426 miliuner dunia tahun ini, terdapat 23 orang yang berusia di bawah 40 tahun.
Total kekayaan 23 anak muda itu mencapai US$68 miliar. Delapan orang memupuk harta dari sektor teknologi, termasuk empat dari jejaring sosial raksasa, Facebook.
Sembilan orang berasal dari Amerika Serikat, dan sisanya negara lain. Tiga di antara mereka adalah pendatang baru yang masuk daftar miliuner.

Berikut daftar 10 dari 23 anak muda terkaya dunia itu berdasarkan usia termuda:

1. Dustin Moskovitz
Usia: 28
Kekayaan bersih:US$3,8 miliar
Moskovitz adalah mantan teman sekamar Mark Zuckerberg, pendiri Facebook. Namun, ia tidak lagi bekerja di raksasa jejaring sosial yang didirikan bersama Zuckerberg itu. Pada Februari, ia masih memiliki lebih dari 5 persen saham beredar perusahaan. Moskovitz meninggalkan Facebook pada 2008 untuk memulai bisnis melalui bendera Asana. Perusahaan ini bergerak di bidang perangkat lunak.

2. Mark Zuckerberg
Usia: 28
Kekayaan bersih: US$13,3 miliar
Zuckerberg adalah chief executive officer (CEO) Facebook, sebuah raksasa jejaring sosial terbesar. Sejak melepas sebagian saham Facebook melalui pasar modal pada Mei 2012, nilai kekayaannya mengalami pasang surut seiring fluktuasi harga sahamnya di bursa Wall Street.

3. Albert von Thurn und Taxis
Usia: 29
Kekayaan bersih:US$1,5 miliar
Albert von Thurn und Taxis pertama kali muncul dalam peringkat miliuner Forbes pada usia 8 tahun. Namun, secara resmi ia mewarisi kekayaannya pada 2001, pada hari ulang tahunnya ke-18.

4. Scott Duncan
Usia: 30
Kekayaan bersih:US$5,1 miliar
Duncan adalah anak bungsu dari empat bersaudara yang mewarisi kekayaan pengusaha besar di bidang energi, Dan Duncan. Mantan orang terkaya di Houston, AS, itu meninggal pada 2010 di usia 77. Duncan adalah pendiri Enterprise Products Partners. Saat ini, perusahaan mengelola gas alam, minyak, dan pipa petrokimia.

5. Eduardo Saverin
Usia: 30
Kekayaan bersih: US$2,2 miliar
Saverin adalah mitra Mark Zuckerberg saat mendirikan Facebook. Dia meninggalkan kewarganegaraan Amerika Serikat pada 2011, sebelum penawaran umum perdana (IPO) raksasa jejaring sosial itu. Saverin dalam The Social Network dikenal sebagai mantan teman baik Zuckerberg.
Melalui sebuah proses hukum yang panjang, ia pun mendapatkan kepemilikan 5 persen saham di Facebook. Kini, setelah berkewarganegaraan Brasil, ia menetap di Singapura dan berinvestasi di bisnis start up.

Sementara itu, anak muda terkaya dunia lainnya pada urutan 6 hingga 10 adalah:

6. Huiyan Yang
Usia: 31
Kekayaan bersih: US$5,7 miliar

7. Fahd Hariri
Usia: 32
Kekayaan bersih:US$1,35 miliar

8. Marie Besnier Beauvalot
Usia: 32
Kekayaan bersih:US$1,5 miliar

9. Sean Parker
Usia: 33
Kekayaan bersih: US$2 miliar

10. Ayman Hariri
Usia: 34
Kekayaan bersih:US$1,35 miliar


Tidak ada komentar: