Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Blue Marlin: Kapal Raksasa



Walld blog-Blue Marlin, sebuah kapal yang tak pernah dibayangkan oleh orang sebelumnya. Kapal ini adalah kapal raksasa, sebuah kapal angkut terbesar di dunia. Blue Marlin mampu mengangkut 22 kapal dengan berat total 60.000 ton!



Kapal yang luar biasa ini mampu mengangkut hingga 75.000 ton. Barang yang dibawanya bukan barang biasa, melainkan kapal, radar raksasa, tabung LNG raksasa, kapal militer, kapal selam, bahkan tambang minyak lepas pantai yang luar biasa besar. Rekor yang pernah diangkut oleh Blue Marlin adalah mengangkut tambang minyak lepas pantai seberat 60.000 ton lebih dari Korea menuju Teluk Meksiko sejauh 25.800 km.



Blue Marlin sendiri memiliki luas dua kali lapangan sepakbola, ia dilengkapi dengan mesin diesel berkemampuan 17.000 tenaga kuda, mampu membuatnya berlayar dengan kecepatan 13 knot. Walaupun ukurannya luar biasa besar, uniknya kapal ini hanya memiliki 24 kru untuk mengoperasikannya.



Blue Marlin dikelola oleh perusahaan spesialis pembuat kapal-kapal raksasa, Dock Wise. Setelah Blue Marlin, akan ada satu kapal lagi yang lebih besar yang sedang dibuat. Mereka menamakan kapal itu Dock Wise Vanguard, dengan kemampuan angkut yang lebih besar: 110.000 ton! Kapal ini bahkan telah dibooking untuk mengangkut tambang minyak lepas pantai yang lebih besar dari Korea menuju ke Laut Utara tahun depan.

baca juga:terowongan paling romantis di dunia

Tidak ada komentar: