Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

15 Foto Paling Monumental dari NASA

Walld blog-Tiga dekade masa keemasan badan antariksa Amerika, NASA, bisa dikatakan telah berakhir semenjak tahun lalu. Misi demi misi yang mereka lakukan telah memberi banyak pengetahuan kepada manusia mengenai angkasa yang maha luas dan penuh misteri. Inilah sebagian dari momen-momen penting dan bersejarah yang telah dicapai oleh umat manusia dalam usahanya menguak misteri luar angkasa.

1.Buzz Aldrin di bulan / 1969


Foto ikonik dan terbaik dari manusia-manusia pertama yang mendarat di bulan. Banyak Astronot sekarang mengikuti pose Buzz Aldrin yang membengkokan tangannya di foto tersebut walaupun tidak ada alasan yang jelas.

2.Pilar-pilar Penciptaan / 1995


Banyak yang mengakui bahwa ini adalah foto terbaik yang pernah ditangkap oleh kamera Hubble. Gambar tersebut adalah gambar menakjubkan dari porses lahirnya bintang di Eagle Nebula.

3.Sisa-sisa Kehidupan Challenger (STS 51-L) / 1986


Pemandangan sisa asap tebal dari pesawat Challenger yang hancur setelah 73 detik lepas landas pada tanggal 28 Januari 1986. Kejadian ini mengejutkan dan membuat sedih jutaan penonton yang melihat peristiwa ini secara langsung maupun melalui layar televisi.

4.Hubble Ultra Deep Field / 2004


Gambar paling dalam dan sensitif dari Hubble yang diambil menggunakan jutaan-detik eksposur. Ada 10 ribu galaksi di dalam foto ini.

5.Untehtered Spacewalk / 1984


Dalam foto ini terlihat Bruce McCandlsess II sedang berjalan-jalan di angkasa menggunakan Manned Maneuvering Unit. Saat itu ia lagi berada di jarak sekitar 90 meter dari pesawatnya.

6.Presiden Nixon dan Kru Apollo 11 / 1969


Presiden Amerika Nixon menyambut Neil Armstrong, Michael Collins, dan Buzz Aldrin (kiri ke kanan) ketika mereka masih berada di ruang karantina.

7.Irwin dan bendera di Hadley Base / 1971


Salah satu tujuan utama misi berangkatnya Apollo ke bulan adalah menunjukan wajah Amerika sebagai negara berteknologi superpower. Foto ini menjadi bukti keberhasilan misi Appolo 15 tersebut.

8.Bumi dan Bulan / 1977


Ini adalah foto sejoli Bumi dan Bulan yang diambil dari jarak jauh untuk pertama kalinya. Diambil oleh Voyager 1 ketika wahana antariksa itu melayang menuju Jupiter pada tanggal 5 September 1977

9.Sally Ride, STS-7 / 1983


Setelah dunia antariksa didominasi oleh kaum pria selama 2 dekade, Sally Ride memecahkan dominasi tersebut dengan menjadi wanita pertama yang berhasil keluar dari lapisan atmosfer bumi.

10.X-15 / 1960


Pesawat ini telah dipakai sebanyak 199 kali untuk terbang tinggi ke ujung langit dari tahun 1959 hingga 1968. Salah satu pilotnya adalah Niel Amstrong yang masih muda (foto).

11.Peluncuran Kapal Ulang-alik Pertama / 1981


Momen bersejarah meluncurnya kapal ulang-alik pertama di dunia Columbia pada tanggal 12 April 1981. Pesawat yang sama terus digunakan hingga 27 tahun kemudian.

12.Komet Shoemaker-Levy / 1944


Teleskop Hubble mengabadikan tabrakan dahsyat antara komet Levy dan Planet Jupiter. Dampak tabrakan tersebut terlihat sebagai titik hitam di permukaan Jupiter.

13.International Space Station / 2008


Foto dari objek buatan manusia terbesar yang melayang di luar angkasa, ISS.

14.Volcano on Io / 1979


Salah satu penemuan penting dari Voyager 1 adalah sebuah ledakan gunung berapi di salah satu bulan Jupiter bernama Io. Ini adalah letusan gunung berapi pertama yang manusia pernah ketahui yang terjadi di luar angkasa.

15.Ice on Europa / 1988


Penampakan permukaan Europa dari misi Galileo. Europa disini bukan benua eropa, melainkan salah satu bulan di Jupiter seperti Io. Dibawa es tebal ini terdapat lautan yang masih menjadi misteri bagi NASA.


Sumber:idbite

Tidak ada komentar: