Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Diterima Kerja, Ginjal Raib



Walld blog-Seorang lulusan Universitas di Cina mengalami kejadian mengenaskan pada pengalaman kerja pertamanya setelah lulus.

Xiaohai (nama samaran), 25 tahun, baru saja lulus dari bangku Universitas. Berniat mencari kerja, ia tertarik dengan sebuah iklan lamaran pekerjaan dari Jie'ao Medical Equipment Sales Co Ltd. Surat lamaran dikirim dan ia diterima.

Awalnya semua berjalan lancar, Xiaohai sempat menjalani sebuah medical check-up yang katanya menghabiskan biaya sebesar 3 ribu yuan (Rp 4.28 juta) dan ditanggung oleh perusahaan dimana ia bekerja. Namun semua mulai berubah menjadi mimpi buruk semenjak pemuda ini mengetahui dari bosnya, Wang Jin, bahwa perusahaan tempat ia bekerja, bergerak di bidang penjualan ginjal manusia. Bosnya juga bercerita bahwa teman kerjanya ada yang

Wang yang mengetahui kedok sebenarnya dari perusahaan itu memutuskan untuk berhenti bekerja, tapi urung dilaksanakan karena kartu penduduk miliknya masih dipegang Wang Jin.

Wang Jin tampaknya tidak suka dengan situasi ini dan mengirim empat orang untuk menemani 'perjalanan bisnis' Xiaohai.

Disanalah, di sebuah pusat kesehatan di daerah Xuzhou, Provinsi Jiangsu, Xiaohai dijebak. Empat orang 'teman' kerjanya membuat ia pingsan dengan meminum sebuah botol minuman yang disediakan oleh seorang suster.

Ketika terbangun keesokan paginya, sadarlah Xiaohai atas apa yang baru saja ia alami. Sebuah ginjalnya sudah hilang. Staf rumah sakit mengatakan operasi itu sudah disetujui oleh salah seorang kerabatnya. Kini ia tahu bahwa medical check-upnya dulu kemungkinan adalah untuk memeriksa kondisi ginjalnya yang akan dijual.

Wang lalu menawarkan uang sebesar 30,000 yuan (Rp 42.8 juta) untuk Xiaohai, plus tambahan uang sebesar 30,000 yuan lagi dibayar belakangan. Wang juga merayu Xiaohai untuk menjadi direktur cabang usahanya yang nanti akan ia buka di kampung halaman pemuda itu. Tapi Xiaohai menemukan sudah ada dua orang lainnya yang mengalami pengalaman serupa.

Bersama dua orang tersebut, pemuda ini melaporkan pengalaman pahit mereka ke polisi. Polisi kemudian segera menangkap Wang Jin dan juga seorang petugas dari rumah sakit di Xuzhou atas tuduhan penjualan organ manusia. Hukuman bagi penjual organ manusia di Cina adalah penjara dengan batas waktu maksimal 15 tahun penjara.

Tidak ada komentar: