Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

10 Langkah Menetapkan Prioritas Target

walld blog- Di awal tahun 2012 ini, ada baiknya kita menyiapkan langkah yang terukur, khususnya terkait dengan keuangan. Berikut adalah 10 hal yang perlu diketahui terkait dengan anggaran tahunan dan penentuan prioritas keuangan.



1. Persempit target

Jika tahun ini ada banyak target atau harapan yang ingin dicapai, sebaiknya dipersempit. Jangan harap semuanya bisa direngkuh. Lebih baik identifikasi target dengan jelas, kemudian pilih yang paling mungkin.

2. Jangan kehilangan fokus

Perlu konsentrasi yang baik untuk mencapai target yang diinginkan. Jangan sampai kehilangan fokus lantaran muncul keinginan yang lain. Atau, ketika melihat ada kemungkinan baru yang sebenarnya belum dikaji secara jelas.

3. Waspadai kemungkinan konflik

Konflik yang dimaksud di sini adalah dua target yang ingin dicapai. Tanyalah dalam hati: target mana yang berdampak negatif terhadap keuangan dan target lain seandainya ditunda?

4. Siapkan waktu

Setiap target yang ingin dicapai tentu tidak gratis. Setidaknya, dan ini bisa jadi yang terpenting, harus dibayar dengan waktu. Semakin banyak waktu yang disediakan, kemungkinan berhasilnya tentu makin tinggi.

5. Pilih dengan bijak

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menentukan prioritas: keamanan finansial, kesenangan melakukannya, hasrat yang terpenuhi, serta ketersediaan waktu. Semakin banyak kriteria terpenuhi, makan semakin baik pilihan yang diambil.

6. Libatkan orang terdekat

Jangan lupa, orang-orang terdekat akan terkena imbas dari target yang ingin dicapai. Karena itu, jangan sungkan untuk mengajaknya, minimal, untuk membicarakan rencana tersebut.

7. Mulailah sekarang

Buang jauh-jauh prinsip: jika bisa besok, kenapa harus dilakukan sekarang. Justru sebaliknya, lakukan saat ini juga! Semakin ditunda pekerjaan memburu target yang ingin dicapai, maka tantangan akan semakin menumpuk.

8. Perketat pengeluaran

Setiap ada hasrat untuk membelanjakan sesuatu yang tidak pokok, mulailah dengan pertanyaan: apakah kegiatan ini ikut mendukung dalam mencapai tujuan utama yang sudah ditetapkan. Jika tidak, sebaiknya batalkan.

9. Jangan jadi robot

Walaupun ada banyak kegiatan yang harus diklarifikasi agar sejalan dengan target yang diinginkan, jangan membuat diri kita menjadi "manusia asing". Hal-hal kecil yang biasa dilakukan sepanjang tidak mengganggu rancangan tadi, lakukanlah dengan bijak.

10. Siap-siap dengan perubahan

Kebutuhan dan keinginan biasanya akan berubah, sejalan dengan perubahan usia. Karena itu, jangan ragu untuk melakukan perubahan pada skala prioritas yang ingin dicapai, setidaknya dalam kurun waktu 3-5 tahun.

Tidak ada komentar: