Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Messi, Xavi & Ronaldo Kandidat Pemain Terbaik Dunia

Lionel Messi meraih penghargaan pemain terbaik dunia 2010.

Zurich
- Tiga calon peraih FIFA Ballon d'Or 2011 telah resmi diumumkan. Duo Barcelona, Lionel Messi dan Xavi akan bersaing dengan bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo untuk menyabet gelar pemain terbaik dunia.

Ketiga nominator tersebut telah diciutkan dari daftar calon yang terdiri dari 23 orang. Messi memenangi penghargaan tahun lalu dengan mengalahkan Xavi dan Andres Iniesta yang kali ini tidak berhasil masuk tiga besar.

Messi kembali menjadi favorit untuk menggondol penghargaan ini untuk kali ketiga. Pesepakbola Argentina itu menampilkan performa cemerlang di musim lalu di mana dia sukses mencetak 53 gol di seluruh kompetisi.

Sementara Xavi menjadi kreator dari gol-gol rekan se-timnya itu. Gelandang jempolan Spanyol ini membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain tengah terbaik di dunia. Kombinasi Messi dan Xavi berhasil membawa Barca mempertahankan gelar La Liga dan Liga Champions.

Performa Ronaldo juga tidak kalah ciamik dengan dua saingannya itu. Meski hanya mampu mempersembahkan titel Copa del Rey, pemilik julukan CR7 itu sukses menceploskan 53 gol di musim lalu.

Khusus buat Messi, apabila ia kembali berhasil memenangi penghargaan ini maka dia menjadi orang ketiga yang sukses memenangi tiga penghargaan pemain terbaik dunia setelah Zinedine Zidane dan Ronaldo Luis Nazario da Lima.

Sedangkan penghargaan pelatih terbaik dunia akan diperebutkan oleh Josep Guardiola (Barcelona), Jose Mourinho (Real Madrid) dan Sir Alex Ferguson (Manchester United).

Messi berpeluang meraih dua penghargaan setelah golnya ke gawang Arsenal berhasil masuk sebagai kandidat penghargaan gol tercantik atau Puskas Award bersama dengan Neymar dan Wayne Rooney.

Adapun kategori pesepakbola terbaik putri akan diperebutkan oleh Marta (Brasil), Homare Sawa (Jepang) dan Abby Wambach (Amerika Serikat). Sementara penghargaan pelatih terbaik putri akan diperebutkan oleh Bruno Bini (Prancis), Norio Sasaki (Jepang) dan Pia Sundhage (Swedia).

Seluruh penghargaan akan diberikan dalam Gala FIFA Ballon d'Or yang akan dihelat di Kongresshaus di Zurich, Swiss pada 9 Januari 2012. Demikian dilansir dari situs resmi FIFA.


sumber:detikspot.com

Tidak ada komentar: