Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Gadis India Pecahkan Rekor Manusia Terpendek


walld blog-Seorang siswa SMU di India diakui sebagai wanita terpendek di dunia. Ia tercatat di Guiness Book Records pada Jumat, (16/12) saat genap berusia 18 tahun.

Jyoti Amge memiliki tinggi 62,8 cm. Tinggi badannya lebih pendek dibandingkan dengan rata-rata anak yang berusia dua tahun. Pemberian gelar ini diberikan oleh perwakilan Guinnes dari London. Tubuh Amge diukur saat ia merayakan ulang tahun yang dihadiri sekitar 30 kerabat di Kota Nagpur, Negara Bagian Maharashtra.

Ia menganggap pencatatan namanya di Guiness Book membuat masyarakat dunia jadi mengetahui letak Kota Nagpur. "Saya telah menempatkan Nagpur di peta dunia. Sekarang semua orang akan tahu di mana itu (Nagpur)," kata Amge.

Ia merasa dicatatnya namanya di Guiness Book sebagai hadiah tambahan yang ia terima di hari bahagianya kali ini. Ia bersyukur meski badannya kecil, kehadirannya tetap diakui bahkan mendapatkan penghargaan.

Hal yang ingin dilakukannya setelah ini adalah melanjutkan kuliah dan memperoleh gelar akademik. Ia ingin menjadi aktris Bollywood. "Saya ingin menjadi seniman," ujar dia.

Tinggi badan Amge mengalahkan rekor manusia terpendek yang sebelumnya dipegang oleh Bridgette Jordan, seorang warga Amerika. Amge lebih pendek 7 cm (2,76 inci) dari pria berusia 22 tahun itu. "Jyoti (Amge) mengingatkan kita semua bahwa ukuran tubuh bukan sebagai alasan untuk mencari perbedaan," kata perwakilan dari Guiness, Rob Molloy.

Selama dua tahun, tinggi badan Amge bertambah kurang dari 1 cm. Guiness mengatakan Amge akan sulit untuk menambah tinggi badannya karena mengalami kekerdilan yang disebut achondroplasia.

Atas pencatatan rekor ini, Amge juga mendapatkan hadiah ulang tahun lain. Ia berkesempatan untuk berlibur ke Jepang dan Italia bersama pemegang rekor yang lain. Sebelumnya, wanita terpendek dinobatkan kepada Pauline Musters. Ia hidup pada tahun 1876-1895 dan memiliki tinggi badan 61 cm.

Tidak ada komentar: