Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Menaman sayur di dalam ruangan dengan menggunakan lampu LED










Tidak sama dengan apa yangn dilakukan oleh Xperia Arc yang berhasil menumbuhkan tanaman melalui cahaya dari layarnya tetapi secara garis besar, yang satu ini juga punya konsep yang sama tapi jauh lebih canggih.

PlantLab sedang mengembangkan sebuah teknologi yang membuat kita bisa menanam tanaman di dalam ruangan dengan bantuan lampu LED saja (tanpa matahari).

Selain keuntungan tidak perlu matahari, teknologi ini juga punya beberapa keuntungan lainnya misalnya yang terpenting menurut kami, melalui teknologi penanaman seperti ini, kita hanya memerlukan air 10% saja dibandingkan dengan menanam di luar dengan cara biasa.

Sebenarnya penghematan air ini tidak secara langsung juga sih tetapi bisa dihemat sebanyak itu karena tanaman ditanama di wadah (container) makanya sisa air yang terbuang akan bisa digunakan kembali tetapi memang tetap lebih hemat air.

Pemilihan lampu LED berwarna merah dan biru bukan tanpa sebab karena menurut PlantLab, kedua warna lampu ini akan memberikan efek positif kepada tanaman agar bisa tumbuh lebih cepat (18% lebih efisien).

Teknologi ini bisa memanfaatkan penanaman dengan banyak cara mulai dari sistim hidroponik atau bisa juga nantinya dengan teknologi iMec yaitu menanam dengan menggunakan lapisan film.

Secara keseluruhan maka PlantLab punya keuntungan:
– Bisa menanam dimana saja mulai dari gurun sekalipun selama dalam ruangan
– Penanaman bisa dilakukan secara vertikal sehingga hemat tanah
– Bisa hemat air sampai 90%
– Dijamin aman dari gangguang hama karena di dalam ruangan
– Tidak ada hama berarti tidak perlu pestisida
– Hemat listrik juga, kan pakai LED. :-)

Sejauh ini, PlantLab berhasil menanam sayuran seperti paprika, timun dan ada beberapa lainnya.

Tidak ada komentar: