Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Diwarnai Hujan, Pembukaan SEA Games Berlangsung Spektakuler

Palembang - Perhelatan akbar SEA Games XXVI secara resmi dibuka di Palembang pada Jumat (11/11/2011) malam WIB. Meski diwarnai hujan, upacara pembukaan berlangsung meriah dan spektakuler.

Upacara pembukaan di Gelora Sriwijaya, Jakabaring Sports City, dimulai tepat pukul 19.15 WIB. Atraksi kembang api, pengibaran bendera merah putih, dan lagu Indonesia Raya di awal acara menggelorakan seisi Gelora Sriwijaya.

Acara dilanjutkan dengan serangkaian pertunjukan tari kolosal yang melibatkan sekitar 4500 penari. Mengusung tema sejarah Kerajaan Sriwijaya dan terbentuknya nusantara, pertunjukan selama satu jam ini sukses memukau ribuan penonton yang hadir.

Saat parade kontingen peserta SEA Games hendak dimulai, hujan gerimis mulai mengguyur Gelora Sriwijaya. Meski begitu, acara pembukaan tetap berlanjut. Sebagian kecil penonton yang tak kuasa menahan hujan memang meninggalkan stadion, tapi itu tak mengurangi antusiasme penonton lain yang bertahan.

Parade kontingen peserta SEA Games mendapat sambutan sangat meriah dari penonton. Puncaknya adalah saat kontingen Indonesia muncul di penghujung parade. Seisi stadion bersorak dan mengelu-elukan rombongan atlet dan ofisial 'Merah Putih'.

Dalam sambutannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap ajang SEA Games ini bisa mengangkat harkat dan martabat bangsa-bangsa Asia Tenggara di mata dunia internasional.

"Hari ini kita hadiri peristiwa bersejarah bersama-sama. Indonesia sangat bersyukur kembali dipercaya menjadi tuan rumah," kata SBY.

"Saya ucapkan selamat datang dan selamat bertanding. Dengan semangat persaudaraan dan persahabatan, mari kita sukseskan SEA Games."

"Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang bekerja sangat keras untuk mempersiapkan SEA Games ini. Dengan mengucapkan bismillah, saya nyatakan SEA Games ke-26 di Palembang dan Jakarta resmi dibuka."

Selanjutnya, acara yang paling dinanti pun tiba, yakni penyalaan api kaldron. Yang membuat prosesi ini makin menawan adalah cara penyalaannya oleh mantan ratu bulutangkis Indonesia, Susi Susanti.

Dari tengah lapangan, Susi memanjat kapal Sriwijaya, lalu dia terbang menuju kaldron sambil membawa tombak yang di ujungnya menyala api SEA Games. Di bagian akhir, peraih medali emas Olimpiade 1992 ini melemparkan tombaknya dan menyala-lah api di kaldron.

Keseluruhan rangkaian acara selama sekitar 2,5 jam ini ditutup dengan lagu "United and Rising" ciptaan SBY yang dinyanyikan oleh Joy Tobing plus pesta kembang api spektakuler.



sumber:http://www.detiksport.com/read/2011/11/11/222258/1765878/1297/diwarnai-hujan-pembukaan-sea-games-berlangsung-spektakuler?s99110169

Tidak ada komentar: