Berita Terkini

[News][slideshow]

Artikel

Buat Kartun Bom Unesco, PBB Tegur Diplomat Israel

Pemerintah Israel mengatakan bahwa seorang diplomatnya ditegur oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengurus Bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO). Teguran ini dikeluarkan setelah diplomat itu membuat animasi kartun pengeboman terhadap UNESCO.

Seperti dilansir The Washington Post, Jumat (11/11/2011), juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Yigal Palmor mengatakan, UNESCO menyerahkan nota protes yang ditujukan kepada Duta Besar Israel Nimrod Barkan.

Animasi itu sendiri dipublikasikan pekan lalu di Suratkabar Haaretz di Israel, dengan judul “endangers the lives of unarmed diplomats" atau dalam bahasa Indonesia berarti "membahayakan nyawa diplomat yang tidak bersenjata".

Kartun itu menampilkan gambar Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang memerintahkan pilot jet tempur Israel, melakukan penyerangan kepada Iran. Dalam kembalinya dari serangan, Netanyahu digambarkan menyuruh melakukan pengeboman terhadap kantor UNESCO.

Melihat kartun itu, menunjukan sebuah hantaman atas ketidakpuasan Netanyahu terhadap keputusan UNESCO yang menyetujui keanggotaan penuh Palestina di badan PBB tersebut.

Palmor mengatakan, bahwa Dubes Barkan berargumentasi kepada UNESCO kalau Israel memiliki sistem pers yang bebas. Ini menunjukan kartun itu merupakan sebuah kebebasan berpendapat.

Tidak ada komentar: